Rapat Paripurna, Pemkab Balangan sampaikan Pertanggungjawaban Raperda APBD 2021

Rapat Paripurna, Pemkab Balangan sampaikan Pertanggungjawaban Raperda APBD 2021

RAPAT Paripurna ke-13 penyampaian kepala Daerah Raperda tentang Pertanggungjawaban  APBD 2021.| foto : agus

PARINGIN - DPRD Balangan menggelar rapat paripurna penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang  pertanggung jawaban APBD tahun anggaran 2021.

Bertempat di Ruang Paripurna, DPRD Balangan  Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan, Senin (27/6/2022).

Ketua DPRD Balangan, Ahsani Fauzan mengatakan, pokok pada rapat paripurna ke-13 kali ini tentang penyampaian Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2021.

"Sesuai undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah pada pasal 320 ayat 1 dan ayat 4 yang menyatakan bahwa Kepala Daerah menyampaikan Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan  APBD  kepada DPRD," sebutnya.

Dengan di Lampiri laporan keuangan yang telah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) paling lambat 6 bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Kemudian Perda tersebut dibahas oleh Kepala Daerah bersama DPRD untuk mendapatkan persetujuan bersama begitu juga pada peraturan nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah pada pasar 194 ayat 1 sampai 4.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Pemkab Balangan Sutikno menyampaikan, Ia mewakili Bupati Balangan menyampaikan rancangan pertanggungjawaban Kabupaten Balangan tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2021.

"Sebagaimana sama-sama kita ketahui tahun anggaran 2021 tidak bisa sepenuhnya kita optimalkan guna mengejar target dalam rancangan pembangunan jangka menengah yang telah ditetapkan," katanya 

 Dikarenakan di tahun tersebut tambahnya masih diharuskan beberapa objek penggeseran fokus terhadap penanganan dampak pandemi Covid-19.

"Termasuk upaya pemulihan ekonomi kita ketahui supaya pemilihan ekonomi yang berdampak luas kepada masyarakat pada tatanan ekonomi menengah ke bawah dalam kondisi ekonomi nasional," terangnya.

Karena hal tersebut lanjutnya, berpengaruh terhadap kemampuan negara  dalam perubahan APBD 2021.[agus/adv]


Lebih baru Lebih lama