FKUB Gelar Sekolah Moderasi, Ini Pesan Wagub Kalteng

FKUB Gelar Sekolah Moderasi, Ini Pesan Wagub Kalteng

WAGUB Kalteng membuka Sekolah Moderasi bagi para pengurus dan anggota FKUB se-Kalteng.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Untuk meningkatkan kerukunan umat beragama di Kalimantan Tengah (Kateng), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) menggelar Sekolah Moderasi untuk pengurus dan anggota FKUB Provinsi setempat.

Kegiatan yang digelar di Ruang Rapat Sekretariat FKUB Provinsi itu dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng, H Edy Pratowo, Sabtu (4/6/2022).

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Wagub menyampaikan, keberadaan FKUB tersebut paling tidak memberikan kontribusi yang besar terhadap kerukunan yang selama ini tetap terjaga dengan baik.

"Sejauh ini Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi Kalimantan Tengah terlihat selalu bersinergi dengan berbagai program kegiatan dalam rangka menciptakan kerukunan umat beragama di Bumi Tambun Bungai ini," kata Wagub.

Pada kesempatan itu juga, Wagub menyampaikan pesan dan harapan Gubernur Sugianto terhadap keberadaan dan kontribusi FKUB untuk Kalteng.

Kemudian, Wagub yang juga Ketua Dewan Penasihat FKUB Provinsi Kalteng mengungkapkan dukungannya atas keberadaan dan kiprah FKUB. 

"Saya ingin menyampaikan bahwa terhadap hal-hal yang berkenaan dengan Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi Kalimantan Tengah ini terus kita koordinasikan, dan saya selaku penasihat sangat men-support dan selalu mendukung di depan terkait keberadaan dan kiprah yang dilaksanakan Forum Kerukunan Umat Beragama ini," tuturnya.

Dengan digelarnya Sekolah Moderasi itu, lanjutnya, maka diharapkan dapat memberikan ilmu pengetahuan akan pentingnya perbedaan dan kemajemukan dalam mewujudkan keharmonisan dan kerukunan beragama di Negara Indonesia. 

Ia juga mengimbau kepada para peserta Sekolah Moderasi itu dapat mengungkapkan kekuatan pemahaman moderasi dan strategi yang diperoleh dalam melaksanakan program dan kegiatan tahun 2022 ini, serta bersiap menghadapi tahun politik mendatang, dan sekaligus memberikan inovasi baru dalam pemeliharaan kerukunan di Provinsi itu.

"Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa meridai segala daya dan upaya kita dalam menjaga kerukunan dan keharmonisan di Kalimantan Tengah, demi terwujudnya Kalteng Makin Berkah," pungkasnya.[kenedy/adv]


Lebih baru Lebih lama