Dinas Perikanan Bartim Tanam Rumput Gelagah, Ini Tujuannya

DINAS Perikanan dan Pertenakan Kabupaten Bartim melakukan penanaman rumput gelagah di perairan Desa Kalinapu.| foto: istimewa

TAMIANG LAYANG - Melalui Dinas Perikanan dan Perternakan, Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Pemkab Bartim) terus berupaya menjaga dan melestarikan perairan umum di wilayah setempat.

Salah satu yang dilakukan Dinas Perikanan dan Perternakan setempat dengan menanam kumpai atau rumput gelagah sebagai upaya menjaga dan melestarikan perairan umum di Kabupaten berjuluk Gumi Jari Janang Kalalawah tersebut.

"Awal bulan Juni 2022 lalu, kami menanam kumpai atau rumput gelagah di perairan umum di Desa Kalinapu, Kecamatan Paju Epat," ungkap Kepala Dinas Perikanan dan Perternakan Kabupaten Bartim, Mishael S.Pi SE MM melalui rilisnya, baru-baru ini.

Dikatakannya, penanaman rumput gelagah tersebut merupakan program Dinas Perikanan dan Perternakan tahun anggaran 2022. 

Dibeberkannya, sedikitnya 200 ikat rumput gelagah yang sudah ditanam pada tahap pertama. Kemudian, ditahap kedua nantinya juga ditanam dengan jumlah yang sama.

"Tujuan penanaman rumput di air ini agar habitat ikan di perairan Desa Kalinapu tetap terjaga. Dengan tetap terjaga habiatnya, maka ikan akan cepat dan mudah berkembang biak secara alami," jelasnya.

Dengan keberadaan rumput di perairan, tambahnya, bisa menjadi tempat pemijahan atau tempat menempelnya telur ikan saat berkembang biak.[siti]


loading...