Wujud Toleransi, Suriansyah Halim: Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

PALANGKA RAYA - Meski tidak merayakan Idul Fitri, namun sejumlah warga nonmuslin di Republik Indonesia ini ikut berbahagia sebagai wujud Bhinneka Tunggal Ika.

Menyongsong Idul Fitri, masyarakat Kalimantan Tengah (Kalteng) pun berlomba-lomba mengucapkan selamat di hari kemenangan umat Islam setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.

"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah bagi saudara-saudaraku umat Muslim yang merayakannya," ucap Ketua DPC Perkumpulan Pengacara dan Konsultan Hukum Indonesia (PPKHI), Suriansyah Halim, Minggu (1/5/2022).

Pria yang juga Wakil Ketua Bidang Hukum, HAM dan Advokasi pada Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) dan warga Tionghoa di Kalteng itu mengaku, kualitas dan harmonisasi kerukunan umat  beragama di Provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai tersebut sangat tinggi.

"Saya pribadi menilai, kerukunan dan keharmonisan antar umat bergama di Kalimantan Tengah ini sangat tinggi. Dan ini sangat perlu dipertahankan dan ditingkatkan," imbuhnya.

Diungkapkannya, ketika merayakan hari raya atau hari-hari besar lainnya pun dirinya mendapatkan penghormatan yang sama sebagai bentuk dan wujud toleransi dari umat muslim.

"Marilah kita jaga tradisi budaya bangsa Indonesia yang diajarkan oleh para pendahulu, saling hormat-menghormati diantara sesama umat beragama yang sudah sejak lama berlangsung dengan baik dan membuat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang rukun, damai, dan tenteram," tandasnya.[kenedy]


loading...