Sinergitas Forkopimda Tala Tampak dalam Harkitnas 2022

Sinergitas Forkopimda Tala Tampak dalam Harkitnas 2022

PELAIHARI - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tanah Laut (Tala) menunjukkan sinergisitas dalam upacara peringatan ke-114 Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Tahun 2022 di Halaman Kantor Bupati, Jumat (20/5/2022). 

Terbukti, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tala yang menjadi pelaksana upacara kali ini, bukan hanya sekedar dihadiri oleh unsur Forkopimda, tetapi juga yang bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara adalah Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1009/TLa Mayor Inf Sardjito mewakili Komandan Kodim (Dandim) 1009/TLa. 

Mayor Inf Sardjito mengatakan, peringatan Harkitnas ini hendaknya tidak hanya dimaknai sebagai seremonial, tetapi juga harus diimbangi dengan pemahaman esensi sejarah kebangkitan nasional dengan menelaah sisi historis di balik peringatan Harkitnas.

"Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa," ujar Kasdim saat membacakan naskah pidato Peringatan Harkitnas dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Johnny G. Plate.

Dengan tema “Ayo Bangkit Bersama”, Peringatan Harkitnas kali ini diharapkan menjadi bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

Turut berhadir Pejabat Eselon 2 dan Kepala SKPD Lingkup Pemkab Tala.[advertorial]


Lebih baru Lebih lama