Paman Birin Basketball Competition Tandai Geliat Basket Banua

BANJARMASIN - Kejuaraan basket bertajuk Paman Birin Basketball Competition 2022 resmi digelar di GOR Indoor Hasanuddin HM Banjarmasin, Kamis (26/5/2022).

Tak kurang 16 klub basket ambil bagian dalam kompetisi yang berlangsung selama 4 hari ini. Sistem pertandingan menggunakan format knock-out alias sistem gugur.

Usai membuka kejuaraan, Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor mengatakan, kompetisi ini menandai kembalinya geliat olahraga bola basket di Banua, setelah sempat mengalami pasang surut akibat pandemi Covid-19. 

“Olahraga (basket) harus kita gelorakan kembali, pasca pandemi Covid-19 yang melanda kita selama kurang lebih dua tahun ini. Kita sangat mendukung sekali olahraga basket ini,” terangnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel, Hermansyah menambahkan, kejuaraan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk kembali meningkatkan semangat olahraga basket di Kalsel.

Ia berharap momen keberhasilan tim basket Indonesia meraih medali emas di SEA Games Vietnam beberapa hari lalu bisa menular ke dunia basket Banua, sehingga animo terhadap basket semakin bergelora.

“Karena keberhasilan Tim basket Indonesia yang meraih emas merupakan sebuah prestasi. Kami berharap momentum itu bisa membuat kita termotivasi dan kembali bergairah untuk meningkatkan prestasi dan semangat berolahraga, khususnya cabang olahraga bola basket,” jelas Hermansyah.

Dispora Kalsel akan terus memberikan perhatian terhadap perkembangan basket. Salah satunya dengan menggencarkan pembinaan di tingkat sekolah maupun klub. 

“Para pemain yang berpartisipasi di ajang ini akan kita seleksi. Seperti harapan Gubernur Kalsel, semoga nanti muncul bibit-bibit pebasket profesional,” pungkasnya.[advertorial]


loading...