Optimalkan Pelayanan Pasien, RSHB Pelaihari segera Operasikan CT-Scan

Optimalkan Pelayanan Pasien, RSHB Pelaihari segera Operasikan CT-Scan

DIREKTUR RSHB Pelaihari, dr Isna Farida.| foto : andra

PELAIHARI - Rumah Sakit Hadji Boejasin (RSHB) Pelaihari, kini dilengkapi dengan layanan alat pemeriksaan kondisi tubuh berupa CT-Scan.

Langkah itu diharapkan memperbaiki pelayanan kepada pasien yang datang dari berbagai daerah di Bumi Tuntung Pandang.

Direktur RSHB Pelaihari, dr Isna Farida, Jumat (13/5/2022) mengatakan, alat CT-scan itu akan digunakan untuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya masalah pemeriksaan penyakit dalam.

Selain pasien umum, alat layanan CT -scan ini juga bisa melayani pasien yang memiliki BPJS Kesehatan.

"Alat CT-scan ini bisa mengetahui penyakit didalam tubuh sekali pun, seperti pengidap penyakit tumor sekalipun akan diketahui letak penyakit tersebut," ucapnya.

Dalam waktu dekat alat CT-Scan  akan segera difungsikan. "Tinggal menunggu alat tersebut  diresmikan oleh Bupati Tala,  rencana pada tanggal 27 Mei 2022," katanya.

Ia bilang dengan adanya  ketersediaan fasilitas ini sudah diimbangi dengan tenaga medis  dokter spesialis di RSHB.

Ia menjelaskan, RSHB Pelaihari baru memiliki satu alat CT-scan 16 slice, pembelian seharga Rp4 miliar. Memang alat tersebut terbilang masih kecil namun tidak masalah.

"Setidaknya adanya pelayanan CT-scan ini bisa membantu pasien untuk tidak dirujuk ke RS di  Banjarmasin dan Banjarbaru," katanya.

Selain alat CT-Scan, sambung Dirut, dalam waktu dekat ini RSHB Pelaihari akan menambah pelayanan termasuk kemoterapi untuk penanganan pasien penyakit kanker.

Bahkan untuk mengoperasikan alat ini RSHB sudah memiliki dokter spesialis yang mempunyai kompetensi pelayan di bidang penyakit kanker.

dr Isna Farida menyebutkan, secara umum 75 persen RSHB Pelaihari sudah  dilengkapi  layanan dasar medik.

"Seperti ada empat  layanan besar adalah layanan kebidanan dan kandungan, layanan penyakit dalam, pelayanan bedah dan anak," tutupnya.[advertorial]


Lebih baru Lebih lama