Lagi, DPKD Bartim Gelar Kursus Komputer Gratis untuk Murid SD

Lagi, DPKD Bartim Gelar Kursus Komputer Gratis untuk Murid SD

SISWA-SISWI SD di Bartim antusias mengikuti kursus komputer tahap III yang digelar DPKD.| foto : istimewa

TAMIANG LAYANG - Kembali, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten Barito Timur (Bartim) menggelar kursus komputer gratis untuk siswa-siswi jenjang Sekolah Dasar (SD) tahap III.

Kepala DPKD Bartim, Drs Frindiano Leloni MM menyampaikan, kursus komputer gratis itu merupakan  program inklusi berbasis sosial untuk menambah minat baca dan kunjungan keperpustakaan dengan memanfaatkan sarana bantuan dari perpustakaan nasional.

"Hingga saat ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Barito Timur sudah melaksanakan kursus komputer gratis sebanyak dua tahap dengan total siswa yang lulus berjumlah 147 orang, dengan rincian 90 orang tahap satu dan 57 orang tahap dua," ungkapnya saat pembukaan kursus komputer gratis itu, Senin (23/5/2022).

Pembukaan yang berlangsung di kantor DPKD setempat itu juga diwarnai dengan penyerahan sertifikat bagi siswa-siswa yang lulus di tahap dua.

"Selamat atas keberhasilan mengikuti semua rangkaian kursus, segala ilmu dan keterampilan yang diperoleh dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menunjang tugas sebagai seorang pelajar agar  memperoleh prestasi dan perkembangan akademik yang maksimal," pesannya.

Dijelaskan, peran IT dalam dunia pendidikan masa sekarang ini sangat penting, apalagi dimasa pandemi Covid-19. 

Contoh saja, urainya, informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah diakses untuk kepentingan pendidikan, inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan, dan kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan. 

"Kegiatan kursus komputer gratis ini juga untuk membantu siswa-siswi Sekolah Dasar menyesuaikan diri dalam kemajuan IPTEK tersebut," jelasnya.

Ia berharap kepada peserta kursus komputer tahap tiga yang berjumlah 70 dari sepuluh sekolah dapat mengikuti semua materi yang disampaikan oleh intruktur dengan baik agar memperoleh ilmu dan keterampilan sesuai progress yang sudah ditetapkan. 

Sementara itu, Sekretaris DPKD yang juga Ketua Panitia Pelaksana,  H Supadi S.Sos MM dalam laporannya menyampaikan bahwa kursus komputer gratis itu merupakan implementasi dari Program Indonesia Pintar IT. 

"Kita berharap dengan kegiatan ini dapat lebih memotivasi siswa jenjang Sekolah Dasar untuk menguasai IT dan menunjang tugas pokoknya sebagai pelajar, sehingga  kedepan tidak ada lagi siswa-siswi kita yang gaptek," tukasnya.[siti]


Lebih baru Lebih lama