Komisi III DPRD Kapuas Ingin Pelabuhan KP3 Bisa Dikelola Daerah

Komisi III DPRD Kapuas Ingin Pelabuhan KP3 Bisa Dikelola Daerah

KOMISI III DPRD Kapuas saat meninjau pelabuhan KP3 Kapuas.| foto : setwandprdkps

KUALA KAPUAS - Komisi III DPRD Kabupaten Kapuas, berharap keberadaan dermaga atau pelabuhan KP3 (Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan) yang berlokasi di Kelurahan Selat Hilir Kecamatan Selat, nantinya bisa dikelola oleh pemerintah daerah setempat.

"Kami sudah meninjau  dan melihat langsung kondisi pelabuhan KP3 tersebut," kata Kunanto, Ketua KomisI III DPRD Kapuas, Jumat (20/5/2022).

Saat ini pelabuhan di bantaran daerah aliran sungai Kapuas itu kondisinya rusak parah, terkesan kumuh bahkan membahayakan.

Pelabuhan KP3 milik PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III tersebut sudah berusia puluhan tahun, kini keadaannya begitu memprihatinkan bahan kayu ulin pelabuhan sudah lapuk, bahkan banyak yang sudah lepas.

Melihat kondisi tersebut, Komisi III DPRD Kapuas berencana akan koordinasi agar PT. Pelindo III dapat menghibahkan pelabuhan KP3 kepada pemerintah daerah Kapuas.

"Kita akan koordinasi dengan PT Pelindo III, agar KP3 dihibahkan, dan pengelolaan sepenuhnya oleh pemerintah daerah, agar dikelola dengan baik tidak kumuh, serta membahayakan," kata Kunanto, ST.

Menurut Politisi Partai Nasdem ini, dengan kerusakan parah KP3 membahayakan dan harus dikelola untuk dapat diperbaiki, bahkan dapat menunjang wisata air, namun harus diakui daerah tidak bisa berbuat apa-apa, sebab kewenangan masih di PT. Pelindo III.

"Nah, itu yang menjadi persoalan, dan kita mendorong untuk dihibahkan ke daerah, agar pengelolaan berjalan baik," paparnya.

Harapan dapat dihibahkan, lanjut Kunanto, karena itu keinginan dari masyarakat Kabupaten Kapuas yang merasa prihatin melihat kondisi bangunan KP3 rusak parah dengan kondisi lantai sudah rapuh, padahal lokasinya sangat strategis.

"Tentu kita berharap PT. Pelindo III menyetujui, apalagi pemerintah daerah juga sudah bersurat untuk KP3 dikelola daerah," harapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Kapuas, Vitrianson mengatakan Pemda Kapuas pada tahun 2019 lalu sudah pernah menyurati PT Pelindo agar dapat menghibahkan aset Pelabuhan KP3 tersebut. 

Ia mengatakan, solusi yang ditawarkan Pemkab Kapuas terkait pelabuhan milik PT Pelindo III itu, adalah tukar guling ataupun pembelian aset.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama