Ini Alasan Pemkab Bartim Kaji Banding ke Beberapa Daerah

Ini Alasan Pemkab Bartim Kaji Banding ke Beberapa Daerah

ASISTEN I Setda Bartim bersama rombongan saat studi banding di Kabupaten Sukamara, beberapa waktu lalu.| foto : istimewa

TAMIANG LAYANG - Baru-baru ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Timur (Bartim) melakukan studi banding atau kaji banding ke tiga Kabupaten di Provinsi KalimantanTengah. 

Tiga Kabupaten yang dituju tersebut, yakni Kabupaten Kotawaringin Timur, Lamandau dan Kabupaten Sukamara. 

Ketua rombongan studi banding Pemkab Bartim, Bertolumeus S.Sos menuturkan bahwa pihaknya melakukan studi banding itu terkait pengelolaan BUMDes/Bumdesmart bersama, ekonomi kerakyatan, dan tata kelola pemerintahan.

Pria yang menjabat Asisten I Setda Bartim tersebut menjelaskan, tujuan kaji banding ke Kabupaten Kotawaringin Timur untuk belajar dan menggali strategi dan kiat-kiat apa yang dilakukan pengurus dan pengelola BUMDes dalam menjalankan usahanya.

"Di Kabupaten Lamandau kita banyak belajar menyangkut tata kelola Pemerintahan, yaitu pelayanan publik di bidang perizinan. Karena Kabupaten Lamandau nomor 2 terbaik pelayanan publik seluruh Indonesia," katanya, Senin (23/5/2022).

Sedangkan di Kabupaten  Sukamara, tambahnya, pihaknya  melihat program unggulan di kabupaten itu, sekaligus belajar bagaimana cara budidaya udang vename dan budidaya ikan air tawar.

"Dari kaji banding ini kita mendapatkan pengetahuan baru, dan mudah-mudahan kedepannya BUMDes di Barito Timur bisa berkembang dengana baik," harapnya.[siti]


Lebih baru Lebih lama