Ikuti Evaluasi Kompetisi SP4N, LAPOR! Paman Masuk RPJMD Kalsel

Ikuti Evaluasi Kompetisi SP4N, LAPOR! Paman Masuk RPJMD Kalsel

BANJARMASIN - LAPOR! Paman ambil bagian dalam Evaluasi Lanjutan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik ke-4 yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara-Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Evaluasi ini meliputi tahapan wawancara dan presentasi di hadapan dewan juri secara virtual. Kegiatan ini dihadiri Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, serta didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel, M Muslim, dan kepala instansi terkait lainnya.

Sahbirin, Senin (23/5/2022) mengatakan, dalam perjalanan pengelolaannya hingga sekarang, SP4N-LAPOR! telah dicantumkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemprov Kalsel tahun 2021-2026, sebagai pendukung bagi Visi Kalsel Maju.

Sebagai bentuk output dari hasil pengelolaan pengaduan yang telah dilaksanakan melalui branding LAPOR! Paman, Pemprov Kalsel telah mengambil beberapa kebijakan dari hasil aduan yang masuk melewati LAPOR! Paman.

Sebut saja di antaranya aduan terkait jembatan Sungai Lulut yang menghubungkan Kota Banjarmasin dengan Kota Martapura, yang mana jembatan tersebut telah selesai diperbaiki dan diresmikan.

Selain itu, ada juga aduan terkait permohonan bantuan kuota data internet untuk pendidikan, di mana Pemprov Kalsel melalui Dinas Pendidikan dan Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi telah memberikan 750 ribu internet gratis kepada pelajar SMA dan SMK untuk keperluan belajar melalui virtual selama masa pandemi Covid-19 dan sudah diserahkan kepada siswa, dan masih banyak lagi berbagai jenis aduan lainnya.

Bahkan keberadaan LAPOR! Paman, lanjut Sahbirin, bisa meminimalisir terjadinya korupsi di lingkungan Pemprov Kalsel karena pengelolaannya yang transparan.

"Pemprov Kalsel juga bersinergi dengan Ombudsman RI dan Ombudsman Perwakilan Kalsel dalam mengatasi berbagai aduan yang masuk ke LAPOR! Paman, termasuk laporan terkait korupsi," pungkasnya.

Untuk diketahui LAPOR! Paman merupakan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) milik Pemprov Kalsel.[advertorial]


Lebih baru Lebih lama