Gubernur Berharap BUMD Turut Ambil Bagian dalam Pengelolaan SDA

Gubernur Berharap BUMD Turut Ambil Bagian dalam Pengelolaan SDA

GUBERNUR saat menyampaikan amanat saat memimpin upacara peringatan Hari Jadi ke-65 Provinsi Kalteng.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Untuk membangun Kalimantan Tengah (Kalteng) membutuhkan pembiayaan yang tidak sedikit, sebab Kalteng memiliki luas kedua terbesar di Indonesia setelah Papua.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran saat memimpin upacara peringatan Hari Jadi ke-65 Provinsi Kalteng yang berlangsung di halaman Kantor Gubernur setempat, Senin (23/5/2022).

"Untuk itu saya mohon dukungan seluruh elemen masyarakat, para tokoh, khususnya para tokoh-tokoh Kalimantan Tengah yang kita banggakan, yang saat ini sebagai anggota DPR RI dan DPD RI untuk turut serta mengawal seluruh kebijakan dan gagasan dalam rangka percepatan pembangunan di Bumi Tambun Bungai ini," tuturnya.

Ia juga meminta dukungan dari semua pihak dalam perencanaan pembangunan hilirasi industri silika, turunan produk kelapa sawit, batubara, bauksit, kokas dan zircon yang akan segera dibangun di Kalteng.

"BUMD juga saya harapkan dapat turut serta mengambil bagian pengelolaan hasil Sumber Daya Alam yang ada," katanya

Pada kesempatan itu, Gubernur juga menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi Kalteng pada triwulan l tahun 2022 berada di angka 7,32 persen year on year (tahun ke tahun, red), yang bersumber dari ekspor. 

"Capaian ini meningkat dibandingkan pertumbuhan ekonomi tahun 2021 yang hanya sebesar 3,40 persen. Sementara itu, Index Pembangunan Manusia (IPM) menunjukkan angka di 71,25 persen," tukasnya.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama