Di Perayaan Puncak Hari Jadi Kabupaten Balangan Ke-19, Sejumlah Program Diluncurkan

Di Perayaan Puncak Hari Jadi Kabupaten Balangan Ke-19, Sejumlah Program Diluncurkan

DI KEPEMIMPINAN H Abdul Hadi - H Supiani, perayaan puncak Hari Jadi Kabupaten Balangan ke-19 meluncurkan sejumlah program unggulan.| foto : istimewa

PARINGIN - Perayaan puncak hari jadi Kabupaten Balangan ke-19 menjadi momen yang sangat istimewa, pasalnya sejumlah program di luncurkan Bupati Balangan Abdul Hadi.

Kali ini Puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Balangan ke-19 dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Balangan, Kamis (19/5/2022).

Diketahui, Hari Jadi Kabupaten Balangan sendiri sebenarnya jatuh pada tanggal 8 April, namun karena beberapa alasan maka peringatannya ditunda.

Pembukaan acara yang ditandai dengan pembacaan sejarah singkat berdirinya Kabupaten Balangan, oleh HM Yusuf A. Dilanjutkan dengan pemutaran video profil kemajuan kepemimpinan 1 tahun Bupati dan Wakil Bupati Balangan.

Beberapa bantuan pun dilakukan dalam kesempatan ini, antara lain CSR dari PT Adaro Indonesia beserta mitra kerja sebesar Rp12.431.108.596 serta angkutan sampah mini dump.

Kemudian, CSR Bank Kalsel tahun 2022 sebesar Rp869.000.000, CSR PT BPR Sanggam Cipta Sejahtera tahun 2022 sebesar Rp18.000.000.

Bukan hanya bantuan, Pemkab Balangan juga mendapat bantuan untuk pembangunan tiga tempat ibadah dan bantuan sosial makan minum untuk tujuh panti asuhan. Ada juga bantuan perahu karet/fiber untuk penanggulangan bencana banjir kepada BPK.

Peluncuran secara simbolis beberapa program SKPD lingkup Pemkab Balangan juga dilakukan, yakni program KTP-Ku bagi yang baru memasuki usia wajib KTP, serta program layanan administrasi kependudukan bagi penduduk rentan khusus masyarakat desa terpencil.

Selain itu yang paling utama adalah dua program unggulan Bupati Balangan, program layanan home care yang merupakan program layanan kesehatan aktif jemput bola yang dilaksanakan 12 Puskesmas se-Kabupaten Balangan dan program Kartu Balangan Pintar untuk 500.

Di momen acara puncak Hari Jadi ini juga diresmikan Gedung Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi Balangan, program Kartu Balangan Pintar (KBP) untuk 500 pelajar kurang mampu se-Kabupaten Balangan.

Peluncuran aplikasi Batutukar juga dilakukan. Aplikasi yang sudah tersedia di play store ini bertujuan untuk mewadahi semua pelaku UMKM Balangan untuk dapat meningkatkan hasil penjualan sekaligus perluasan pemasaran produk.

Bupati Balangan, Abdul Hadi menyaksikan Staf Ahli Gubernur Kalsel Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik yang turut hadir, serta Ketua DPRD Kalsel dan Balangan, 13 prasasti beberapa Infrastruktur yang telah dibangun selama satu tahun kepemimpinannya.

Abdul Hadi dalam laporannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu pemerintah Kabupaten Balangan selama Ia memimpin Wabup Supiani.

“Meskipun masa kepemimpinan kami terhitung singkat, namun kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik bagi Bumi Sanggam sesuai slogan hari jadi tahun ini, Bagawi Laju Banua Maju Rakyat Katuju,” pungkasnya.[agus/adv]


Lebih baru Lebih lama