Selesai Dibangun, Dua Pelabuhan Feri Penyeberangan di Kapuas Ini Segera Difungsikan

Selesai Dibangun, Dua Pelabuhan Feri Penyeberangan di Kapuas Ini Segera Difungsikan

PENINJAUAN pelabuhan feri pejabat Kemenhub bersama Pemda Kapuas.| foto : dishub kapuas

KUALA KAPUAS - Dua buah pelabuhan feri penyebarangan di Kuala Kapuas, Kalteng 
yang telah selesai pembangunannya segera fungsi, yaitu pelabuhan feri di Kecamatan Selat yang menghubungkan Kecamatan Selat Hilir dengan Kelurahan Murung Keramat, direncanakan akan difungsikan sebelum Idul Fitri ini.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kapuas, Maria Suzana, Kamis (14/4/2022) menyampaikan, baru-baru ini dua dermaga feri itu telah ditinjau langsung pejabat dari Ditjen Transportasi Darat Kemenhub dan Balai Pengelola Transportasi Darat XVI Kalimantan Tengah.

"Peninjauan untuk mengecek kondisi serta kesiapan kedua pelabuhan," katanya.

Juga mengecek fasilitas penunjang, seperti penerangan dan jaringan air serta uji coba penyandaran kapal feri rangka uji dolphin penahan.

Kedua dermaga feri itu dibangun dengan anggaran mencapai Rp15 Miliar lebih.

"Untuk pengelolaannya nanti akan diserahkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Septedy mengatakan, menyambut baik atas rampungnya dua pelabuhan feri itu.

"Diharapkan kepada masyarakat agar bisa menjaga serta memeliharanya, sedangkan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya siap dibangun Pemkab Kapuas," katanya.

Mengingat pelabuhan feri ini lebih representatif baik tingkat kenyamanan maupun keamanan dibanding sejumlah pelabuhan lain.

"Maka ke depannya kita harapkan seluruh feri penyeberangan yang di Selat Hilir bisa beroperasi melalui pelabuhan yang baru ini," kata Septedy.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama