Sekda Said Buka Musrenbang Kabupaten

Sekda Said Buka Musrenbang Kabupaten

KOTABARU - Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru, Said Akhmad resmi membuka Penyusunan Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrembang) tahun 2023 tingkat se-Kabupaten Kotabaru di Ballroom Hotel Grand Surya, Kamis (31/3/2022). 

Musrembang tingkat Kabupaten ini dilaksanakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan (PRKP) untuk tahun 2023 dengan memenuhi amanat Undang-undang nomor 23 tahun 2024 tentang sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (PBN).

Sekda Said menyampaikan dalam sambutanya, tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi rancangan peraturan daerah tentang RPJPD dan RPJMD  sebagi salah satu tahapan dalam menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten ditahun 2023 nantinya.

"Perumusan RKPD tahun 2023 nantinya mengacu pada Visi RPJPD Kabupaten Kotabaru Periode 2005-2025 yaitu Kotabaru Maju, Adil dan Sejahtera," ucapnya.

Said menuturkan, Musrembang ini adalah acara kegiatan tahunan, perencanaan dari turunan RPJMD yang tertuang pada Visi Misi Kepala Daerah, yang mana ini harus dituangkan dalam bentuk perencanaan pembangunan tahunan, dan tanggung jawab dalam laporan di akhir tahun.

"Kita ketahui bahwa untuk APBD Kabupaten Kotabaru saat ini tidak mungkin untuk melaksanakan secara merata, dikarenakan agar pembangunan tetap berjalan dengan baik dan pemerintah melibatkan sektor swasta  melalui CSR-nya," harap Sekda.

Untuk itu, pemerintah sudah membentuk Forum CSR agar kegiatan yang tidak bisa dibiaya oleh APBD dapat terbangun dan bisa tetap berkesinambungan antara pemerintah dan swasta berjalan dengan baik.

Di kesempatan itu, Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis mengatakan, dengan adanya Musrenbang ini, seluruh Program kegiatan yang dimuat di dalam RKPD adalah kegiatan-kegiatan yang sifatnya prioritas dan objektif.

"Sehingga ada beberapa permasalahan yang perlu diperhatikan oleh Pemerintah terkait dengan Pembangunan Insfrastruktur, seperti jalan, karena jalan adalah sangat krusial di Kabupaten Kotabaru. kerana mana panjang jalan yang ada didalm SK Bupati tahun 2018 adalah kurang lebih 1.200 Kilo meter," terang Syairi.

Legislator ini menuturkan, banyaknya jalan yang mengalami rusak sedang dan rusak ringan maupun jalanan yang mengalami rusak berat harus menjadi perhatian untuk segera diperbaiki, dengan adanya perbaikan jalan.

"Saya sangat yakin bisa meningkatkan perekonomian dan pemasukan PAD  Kabupaten Kotabaru. Dengan Musrembang yang dilaksanakan pada hari ini adalah tahap akhir dari perjalanan panjang perencanaan pembangunan yang sudah kita mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan hingga Kabupaten," ungkapnya.

Di momen ini Pemkab Kotabaru memberikan plakat untuk 3 terbaik Kecamatan dalam pelaksanaan Musrembang tahun 2022, yaitu, Kecamatan Sungai Durian, Kecamatan Pamukan Barat, Kecamatan Pulaulaut Selatan, serta Kecamatan Pulau Laut Barat dan Kelumpang Selatan.

Pembukaan Musrembang ini juga dihadiri Kepala SKPD dan para Camat se-Kabupaten Kotabaru yang dilaksanakan dengan melalui virtual dan dihadiri Bappeda Provinsi Kalsel, Mahrita Yanuarty dan Kepala Pengelola Geopark Meratus Provinsi Kalsel, Ir H Nurul Fajar Desira.[zainuddin]



Lebih baru Lebih lama