Pemkab Kapuas Dorong Ekonomi Kreatif dan Pelaku UMKM Kembangan Kreativitas

Pemkab Kapuas Dorong Ekonomi Kreatif dan Pelaku UMKM Kembangan Kreativitas

PELATIHAN branding dan kreasi anyaman purun di rumah Pintar Askari Kapuas.| foto : diskominfo

KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas, Kalteng terus mendorong pengembangan ekonomi kreatif salah satunya dengan melakukan pembinaan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ada di wilayah itu.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Kapuas H Suparman, kepada metrokalimantan, Senin (4/4/2022) mengatakan, salah satu bentuk pembinaan itu dengan memberikan pelatihan-pelatihan.

"Beberapa waktu lalu kita bekerja sama dengan Rumah Pintar Taman Askari Kapuas mengadakan pelatihan branding dan kreasi anyaman purun kepada komunitas perempuan penganyoman rotan Desa Teluk Palinget dan ekonomi kreatif," kata H Suparman, Senin (4/4/2022).
 
Melalui kegiatan pelatihan itu lanjutnya, 
diharapkan mampu menambah skill para penganyam purun serta kualitas produk purun.

"Ini diharapkan dapat menambah nilai ekonomis dan meningkatkan perekonomian para pelaku ekonomi kreatif pelestarian kearifan lokal pengrajin purun,” ujarnya.

Selain itu, agar generasi muda kedepan tetap menjaga kerajinan juga kearifan lokal sehingga dengan adanya Branding produk ini, sangat penting guna memperkenalkan produk-produk asli Kapuas dan sebagai hak paten kekayaan budaya lokal.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama