Operasi Pasar Minyak Goreng plus Gula Berjalan Lancar

Operasi Pasar Minyak Goreng plus Gula Berjalan Lancar

KADIS Perindagkop dan UKM Pulang Pisau, Elieser Jaya.| foto : manan

PULANG PISAU - Upaya penyeimbangan atas lonjakan harga sejumlah bahan pokok (bapok) yang terjadi dipasaran membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng) mengambil langkah tepat.

Melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan UKM (Disperindagkop dan UKM). Pihak menggelar Operasi Pasar di Halaman Kantor Disperindagkop dan UKM kabupaten setempat, Senin (4/4/2022). 

"Operasi Pasar perdana pada hari ini berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes). Berdasarkan jadwal pelaksanaan dimulai, Senin 4 hingga 29 April 2022 bulan ini, ujar Kadisperindagkop Pulang Pisau, Elieser Jaya kepada metrokalimantan. com. 

Dikatakannya, bahan pokok yang di jual ini berupa minyak goreng dan gula pasir kemasan sederhana. Untuk minyak goreng sendiri, sebutnya, dihargai Rp 23.500 perliter. 

Sedangkan gula pasir sendiri dihargai Rp 13.500 perkilo, dan untuk satu orang pembeli boleh membeli dua liter - kilogram kedua jenis bahan pokok tersebut. 

"Operasi Pasar ini kita digelar untuk kepentingan masyarakat umum dengan harga sedikit dibawah standar Pasar. Bapok sendiri bersumber dari Bulog, sehingga masyarakat mempunyai pilihan disaat harga melejit atau melonjak naik," ungkapnya. 

Menurut Elieser, kegiatan ini selenggarakan sebagai bentuk kepedulian Pemkab Pulang Pisau, disaat beberapa jenis bapok merangkak naik, dan kegiatan ini juga dalam rangka menjelang masuknya Bulan Suci Ramadan. 

Lanjutnya, selain Operasi Pasar. Disperindagkop dan UKM juga akan menggelar Pasar Murah di 2 kecamatan di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, yang dijadwalkan minggu ketiga di bulan April ini. 

Khusus Pasar Murah, akan digelar di Kecamatan Maliku dan Pandih Batu sebanyak 1000 paket bahan pokok subsidi. Maksudnya dari harga per paket sembako Rp 157 ribu, maka masyarakat harus membayar Rp 50 ribu. Jadi, subsidinya Rp 107 ribu," sebutnya. 

"Di Operasi Pasar nanti juga ada dijual daging kerbau beku inpor dengan harga 85 ribu per kilo. Total atau jumlah stok daging sebanyak 130 kilo yang rencananya stoknya baru ada pekan depan depan di buka April ini," katanya.

"Pelaksanannya sendiri setiap hari dimulai pada pukul 08.00 - 10.00 WIB di halaman kantor dinas terkait," pungkasnya.[manan]


Lebih baru Lebih lama