Menarik untuk Dikembangkan, Kebun Karet yang Disadap Bisa Ditanami Porang

Menarik untuk Dikembangkan, Kebun Karet yang Disadap Bisa Ditanami Porang

PETANI bisa kembangkan tanaman Porang di kebun karet yang sudah dipanen.| foto : istimewa

PARINGIN - Ternyata petani di Kabupaten Balangan bisa mengembangkan tanaman porang di kebun karet yang sudah dipanen atau disadap.

Tanaman tumpang sari antara Porang dan Karet (Pokar) sangat menarik untuk dikembangkan, pasalnya petani karet bisa sambil menyadap karet dan disampingnya berkebun porang.

Tentu hal tersebut  sangat menguntungkan bagi petani, terlebih saat ini Kabupaten Balangan menjadi pengekspor tanaman porang ke luar negeri.

Seperti yang di sampaikan Bupati Balangan H Abdul Hadi, Program Porang Karet sangat bernilai tinggi, namun sayangnya petani di Balangan belum familiar dengan jenis tanaman tersebut.

Abdul Hadi menyebut pihaknya akan terus menyebarluaskan dan memberikan sosialisasi kepada petani di Balangan untuk mengembangkan Pokar tersebut, Sabtu (23/4/2022).

"Untuk memastikan program ini terus berjalan. Jadi kita konsen di Porang ini untuk menjamin bahwa Balangan sebagai satu-satunya  pengekspor berkelanjutan dan berkesinambungan," sebutnya.

Sementara itu Dandim 1001 Amuntai-Balangan Letkol Inf Aldin Hadi mengatakan, Ia bersama Bupati dan Kapolres akan terus mengawal program Pokar tersebut.

Menurut Aldin, program tersebut sangat menguntungkan petani di samping berkebun karet juga bisa mengambang tanaman porang.

"Ini sangat menguntungkan petani, sambil menyadap karet juga memiliki tabungan tanaman porang yang sewaktu-waktu bisa dipanen," tutupnya.[agus/adv]


Lebih baru Lebih lama