Masuki Ramadhan, Ribuan Umat Muslim Salat Tarawih di Masjid Raya Khusnul Khatimah

MESKI dalam kondisi Covid-19, ribuan jemaah tampak antusias mengikuti salat tarawih berjamaah.| foto : zainuddin

KOTABARU - Ribuan umat muslim di Kotabaru mulai melaksanakan salat tarawih bulan Ramadhan 1443 H di Masjid Raya Khusnul Khatimah Kotabaru, Sabtu (2/4/2022) malam.

Pemerintah daerah setempat mengizinkan pelaksanaan shalat tarawih secara berjemaah dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat dan membatasi kapasitas masjid sebanyak 50 persen.

Meskipun masih suasana dalam kondisi pandemi Covid-19, ribuan jemaah antusias mengikuti salat tarawih pertama Ramadhan.

Ketua Remas Khusnul Khatimah melalui anggota perwakilan Remas Midun mengatakan, pihaknya bersyukur tahun ini bisa diberikan kesempatan untuk melaksanakan shalat tarawih berjamaah bersama, meski dalam situasi pandemi.

Ia berharap, pelaksanaan ibadah shalat tarawih malam ini, tetap memperhatikan protokol kesehatan, begitupun shalat tarawih berikutnya, jaga jarak dan tetap mematuhi aturan pemerintah.

Pihaknya sangat berharap jemaah terus memakmurkan masjid, baik dari awal, pertengahan hingga akhir Ramadhan. Sebab, belum tentu semua bisa mendapatkan kembali Ramadhan pada tahun berikutnya.

"Mudah-mudahan salat tarawih malam ini jamaahnya bisa bertahan sampai akhir ramadhan, dan biasanya, kalau di awal saja ramai, nanti pertengahan dan akhir Ramadhan sudah banyak pergi di Mall dan tempat perbelanjaan," katanya.

Shaf salat dan duduk di masjid ini juga telah dipasangkan tanda, agar jarak jamaah tidak saling berdekatan.

"Protokol kesehatan dilakukan secara ketat, mengatur jarak dan untuk jumlah jamaah 50 persen dari kapasitas dari pada masa normal, serta menghimbau dan mewajibkan jamaah pakai masker saat masuk masjid," pungkasnya.[zainuddin]


loading...