Lagi, Wakil Rakyat Dapil III Kapuas Pertanyakan Realisasi Pembangunan Jalan Pujon-Tumbang Bukoi

Lagi, Wakil Rakyat Dapil III Kapuas Pertanyakan Realisasi Pembangunan Jalan Pujon-Tumbang Bukoi

ANGGOTA DPRD Kapuas Dapil III Berinto SH MH.| foto : zulkifli

KUALA KAPUAS - Wakil rakyat di DPRD Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah dari daerah pemilihan (Dapil) III kembali mempertanyakan realisasi pembangunan infrastruktur ruas jalan penghubung dari Desa Tumbang Bukoi (Kecamatan Mandau Telawang) menuju Pujon (Kecamatan Kapuas Tengah).

Psalnya, meski sudah ada proses lelang tetapi belum ada kepastian realisasi.

Hal itu telah disampaikan Anggota DPRD Kapuas, Berinto SH MH pada rapat paripurna, yang merupakan hasil dari reses lima anggota DPRD Kapuas dari dapil III.

Berinto menyebut, masih ada desa yang terpaksa mengandalkan akses sungai sebagai jalur transportasi utama.

"Tumbang Bukoi itu semenjak negara ini merdeka sampai hari ini belum menikmati yang namanya infrastruktur (jalan) tembus ke Kecamatan. Masih menggunakan jalur sungai badan jalan sudah ada tapi belum fungsional," sebut Berinto, Rabu (27/4/2022).

Padahal, lanjut Politisi Partai NasDem ini rencana pembangunan infrastruktur ruas jalan sudah dianggarkan dalam APBD 2022 yang mana sumber pembiayaannya disepakati dari pembiayaan pihak ketiga
bersumber dari pinjaman PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

"Padahal proyek itu sudah lelang dan tayang," imbuh dia.

Tetapi menurut informasi yang dia terima,  terancam gagal.

"Bayangkan dari tahun 2019, 2020, 2021 tidak ada kegiatan pengerjaan. Karena menunggu sumber dana dari PT SMI ini. Kalau ini gagal sumber dananya gagal kami nanti minta bapak bupati untuk tindak tegas terkait OPD yang bertanggung jawab. Karena yang paling paham OPD bertanggungjawab itu pak bupati dan wakil bupati," tegasnya.

Dia menambahkan, aspirasi ini harus disampaikan supaya jadi bahan evaluasi dari Bupati dan Wakil Bupati Kapuas. Karena diketahui salah satu program prioritas Bupati Kapuas adalah membuka keterisolasian.

Sebelumnya, terkait akses infrstrukrur jalan di dapil III yang meliputi Kecamatan Timpah, Kapuas Tengah, Kapuas Hulu, Pasak Talawang, dan Kecamatan Mandau Talawang, telah menjadi perhatian anggota DPRD dari dapil III ini agar menjadi perhatian pemerintah daerah setempat.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama