Ketua DPRD Kotabaru Gandeng Pengusaha Perbaiki Jalan Desa Simbuang-Sangsang

KOTABARU - Ketua DPRD Kotabaru, Syairi Mukhlis meninjau langsung pekerjaan pemeliharaan jalan Desa Simbuang, Kecamatan Kelumpang Barat, dengan Desa Sangsang, Kecamatan Kelumpang Tengah, yang lebih kurang 10 tahun tidak pernah mendapat anggaran perbaikan maupun pemeliharaan, Sabtu (23/4/2022).

Syairi melakukan kunjungan kerja ke masyarakat di pelosok pedesaan yang belum pernah tersentuh perbaikan infrastruktur jalan.

Kunjungan kerja yang mengoptimalkan hari libur, Sabtu (23/4/2022) ini, menyusul banyaknya keluhan masyarakat terkait kerusakan jalan penghubung dua Kecamatan di Kabupaten Kotabaru.

Syairi menyampaikan, persoalan seperti ini kerap sekali dikeluhkan oleh masyarakat mengenai jalan penghubung antara Desa Simbuang Kecamatan Kelumpang Barat dengan Desa Sangsang Kecamatan Kelumpang Tengah, karena kondisi kerusakan pada jalan tersebut sangat parah.

"Apalagi menjelang Lebaran 2022 nanti, ini kita pastikan akan meningkat mobilitas orang dan barang dari dan luar Kecamatan tersebut pada saat mudik lebaran ke kampung halaman," katanya.

Menurut Syairi, infrastruktur jalan penghubung dua Kecamatan tersebut adalah kewenangan Pemkab Kotabaru pada saat meninjau kelapangan sekaligus memfasilitasi perbaikan jalan penghubung dua Kecamatan, Kelumpang Barat dan Kelumpang Tengah.

Syairi juga telah beberapa kali berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kotabaru, meminta kerusakan jalan segeranya dilakukan pemeliharaan.

"Namun hingga minggu kemarin belum ada tanggapan oleh Dinas PUPR Kabupaten Kotabaru," terang Syairi.

Ia juga telah berkoordinasi dengan teman-teman di desa, sehingga sampai saat ini belum ada respons Dinas PUPR Kotabaru untuk melakukan pemeliharaan. 

Namun, hasil koordinasinya dengan aparatur desa agar berkoordinasi dengan beberapa perusahaan dan pengusaha, ternyata membuahkan hasil.

"Dan, Alhamdulillah ada tanggapan salah satu pengusaha yang ringan hati untuk membantu perbaikan jalan tersebut," ungkapnya.

Jalan yang mengalami rusak parah dari Desa Simbuang ke Desa Sangsang dan diperkirakan sepanjang kurang lebih 10 kilometer yang akan diperbaiki, perkiraan pekerjaan pemeliharaan jalan yang dilakukan pengusaha akan selesai sebelum Lebaran 2022.

Politisi PDIP ini sangat apresiasi salah satu pengusaha telah membantu dalam hal ini perbaikan jalan, dan ini sangat luar biasa.

Dan ini juga perlu diketahui bahwa Jalan Tanjung Sari menuju Sangsang merupakan jalan Kabupaten, namun lebih kurang 10 tahun tidak pernah mendapatkan alokasi anggaran maupun biaya pemeliharaan dari Pemerintah daerah.

Perbaikan jalan yang dibantu oleh pengusaha tersebut, diharapkan masyarakat bisa menjaga dan memelihara.

"Saya meminta kepada masyarakat pada saat pekerjaan dilakukan perbaikan bisa mengurangi berat angkutan barang ketika melintas di jalan itu," harap Syairi.[zainuddin]


loading...