Kapolres Balangan Pastikan Sarana dan Prasarana Karhutla Siap Digunakan

Kapolres Balangan Pastikan Sarana dan Prasarana Karhutla Siap Digunakan

KAPOLRES Balangan AKBP Zaenal Arifin pimpinan apel kesiapan perlengkapan saran dan prasarana karhutla.| foto humas polres balangan

PARINGIN - Kapolres Balangan, AKBP Zaenal Arifin melakukan pengecekan peralatan penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Dalam apel kesiapan perlengkapan saran dan prasarana karhutla di Halaman Polres Balangan, Selasa (12/4/2022).

Seluruh personel Polsek jajaran Polres Balangan disiagakan untuk ikuti apel kesiapan perlengkapan alat tersebut, hadir juga sejumlah BPK yang siap dan sukarela menjadi relawan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Balangan.

“Pengecekan untuk kesiapan penanganan Karhutla yang dilaksanakan ini mengigat saat ini sudah memasuki musim kemarau, nantinya apabila terjadi Karhutla sarana dan prasarana sudah siap," sebut Kapolres Balangan, AKBP Zaenal Arifin.

Ia berharap wilayah Kalsel khususnya Balangan tidak terjadi Karhutla dan personel yang mengawaki tetap semangat dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya.

Kapolres Balangan juga mengatakan, pentingnya pemetaan kawasan rawan kebakaran hutan dan lahan. Dengan pemetaan tersebut dapat menguasai dan memahami lokasi Karhutla sehingga dapat memudahkan petugas dalam pencegahan kebakaran.

"Adapun daerah rawan yang dimaksud terdapat pada seluruh wilayah kecamatan di Balangan. Pada tiap kecamatan ada desa-desa yang dianggap rawan Karhutla dan semua personel Polsek pun disiagakan untuk penanganan tersebut," ujarnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Kemudian apabila ingin membuka lahan, maka jangan dengan cara membakar.

"Kita jaga bersama kelestarian hutan kita dengan tidak membakar hutan saat membuka lahan pertanian, Apabila melihat titik api atau hotspot segera melaporkan kepada pihak berwajib atau Polsek terdekat," pungkasnya.[agus/adv]


Lebih baru Lebih lama