DSPMD Barsel Permudah Proses Pencairan DD

DSPMD Barsel Permudah Proses Pencairan DD


BUNTOK – Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (DSPMD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Selviriyatmi mengatakan, pihaknya berupaya semaksimal mungkin agar birokrasi pencairan Dana Desa (DD) dapat lebih mudah dan cepat.

“Namun, untuk proses pencarian DD ada mekanisme atau tahapan yang harus dilalui, dan itu tidak hanya DSPMD saja berperan,” katanya, Kamis 7 April 2022.

Ia menjelaskan, apabila desa ingin melakukan pencairan baik DD reguler maupun BLT, maka harus terlebih dahulu mengajukan permohonan penyaluran ke pihak kecamatan. 

Apabila berkasnya sudah lengkap, pihak kecamatan langsung membuatkan rekomendasi ke DSPMD. Atas dasar rekomendasi Kecamatan tersebut, pihaknya lalu membuatkan surat layak salur ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). 

“Kami memiliki S-O-P paling lambat 3 hari, dengan catatan semua syarat sudah lengkap sesuai dengan ketentuan yg berlaku,” jelas wanita berhijab ini. 

Proses selanjutnya ada di BPKAD untuk penyaluran ke rekening kas desa masing-masing. Contoh untuk tahun ini, pertama kali meminta pencairan adalah Desa Babai, Kecamatan Karau Kuala, DD sekitar Rp 300 juta dan BLT sekitar Rp 125 juta. 

Hingga awal bulan April 2022, pihaknya sudah tiga kali membuatkan surat siap salur ke BPKAD, yaitu pada tanggal 23 Februari, ada 1 desa yang siap salur DD dan BLT, 21 Maret ada 7 desa, dan 31 Maret ada 14 desa. 

“Terkait hal itu, kami tidak tahu apakan sudah cair atau belum, karena proses pencairannya di BPKAD dan langsung masuk ke rekening desa masing-masing,” tutupnya.[adv]

Lebih baru Lebih lama