Bentuk Karakter, SMAN 1 Tamiang Layang Gelar Pesantren Kilat

Bentuk Karakter, SMAN 1 Tamiang Layang Gelar Pesantren Kilat

SISWA Siswa SMAN 1 Tamiang Layang dengan khusyuk mengikuti pesantren kilat.| foto : istimewa

TAMIANG LAYANG - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) baru-baru ini telah melayangkan Surat Edaran bernomor : 421/0852/Disdik/IV/2022 tentang implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Bulan Ramadan 1443 Hijriah.

Menindak lanjuti surat edaran tersebut, SMAN 1 Tamiang Layang menggelar Pesantren Kilat, Kamis (28/42022).

Kepala SMAN 1 Tamiang Layang, Istiqomah S.Pd menjelaskan, pendidikan karakter sangat erat hubungannya dengan sistem pendidikan moral, dimana tujuannya untuk melatih dan membentuk kemampuan setiap individu secara terus menerus agar kearah hidup yang lebih baik lagi.

"Untuk menguatkan nilai-nilai tersebut, SMAN 1 Tamiang Layang menggelar Pesantren Kilat untuk mengisi bulan Ramadan 1443 Hijriah," tuturnya.

Pesantren Kilat, urainya, merupakan penerapan nilai karakter religius dan mencerminkan keberimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang diwujudkan dalam perilaku melaksanakan ajaran agama dan kepercayaan yang dianut.

Kemudian, lanjutnya, menghargai perbedaan agama, menjunjung tinggi sikap toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama dan kepercayaan lain, hidup rukun dan damai dengan pemeluk agama lain.

Ia menegaskan, implementasi nilai karakter religius ini ditunjukkan dalam sikap cinta damai, toleransi, menghargai perbedaan agama dan kepercayaan, teguh pendirian, percaya diri, kerja sama antar pemeluk agama dan kepercayaan, anti perundungan dan kekerasan, persahabatan, ketulusan, tidak memaksakan kehendak, mencintai lingkungan, dan melindungi yang kecil dan tersisih.

"Daya berharap, dengan adanya wadah pembinaan mental spiritual, bakat dan prestasi siswa yang sangat memadai dapat menjadikan SMAN 1 Tamiang Layang sebagai kawah candradimuka dalam membentuk Pelajar Pancasila. Terus berjuang, wujudkan pendidikan di Barito Timur yang bermutu dan berkarakter," tandasnya.[linda]


Lebih baru Lebih lama