Bangkitkan UMKM, Pemkab Kapuas Gelar Pasar Ramadhan di Kawasan Stadion Panunjung Tarung

Bangkitkan UMKM, Pemkab Kapuas Gelar Pasar Ramadhan di Kawasan Stadion Panunjung Tarung

PASAR Ramadhan 1443 H/2022 M resmi dibuka Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Puluhan pedagang aneka kuliner dan takjil berderat mengisi lapak pasar Ramadhan yang disediakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah
di kawasan Komplek Stadion Panunjung Tarung, Jalan Maluku Kuala Kapuas.

Pasar Ramadhan 1443 H/2022 M tersebut resmi dibuka Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat, Selasa 12 April 2022.

Bupati Ben menyampaikan, untuk lapak atau stand yang sudah disediakan oleh OPD-OPD terkait, para pedagang tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

“Saya berharap, dengan digelarnya Pasar Ramadhan ini mampu meningkatkan pendapatan para pelaku ekonomi kreatif," kata Ben Brahim saat membuka acara.

Pembukaan pasar Ramadhan tersehut meneruskan tradisi yang mana dua tahun sebelumnya tidak bisa digelar karena pandemi Covid-19.

"Minggu pertama Ramadhan kita masih berada di level 3 sehingga pasar Ramadhan tidak bisa kita gelar dari awal Ramadhan," terangnya.

Lanjut Bupati, patut disyukuri saat ini, Kapuas telah masuk ke PPKM level 2.

"Maka bisa kita gelar pasar Ramadhan ini meski tetap dengan menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Ketua Panitia, Asisten I Setda Kapuas, Ilham Anwar menyampaikan, untuk pasar Ramadhan ini disediakan 200 lapak atau stan, tidak dipungut biaya alias gratis.

"Dibukanya pasar Ramadhan ini merupakan salah satu upaya dalam mendorong dan memberdayakan pelaku UMKM lokal," sebut Ilham, Rabu (13/4/2022).

Sebab, selain menyuguhkan aneka kuliner khas Ramadhan juga terdapat lapak hasil kerajinan dan lainnya. 

Terpisah Supenpri, Ketua Kadin Kapuas menyampaikan, momentum ini berusaha dimanfaatkan sebagai sarana kebangkitan ekonomi masyarakat khususnya UMKM pasca pandemi Covid-19.

"Kami mengajak kepada masyarakat untuk berbelanja di pasar Ramadhan. Mari berbagi sedikit dari rezeki kita semoga diberikan keberkahan untuk kita semua," ujarnya.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama