Wagub Edy: Pemerintah Pusat dan Daerah Komitmen Sukseskan Food Estate

Wagub Edy: Pemerintah Pusat dan Daerah Komitmen Sukseskan Food Estate

WAGUB Kalteng saat menghadiri rapat koordinasi Food Estate Kementerian Pertanian RI.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Luhut Binsar Panjaitan meminpin langsung Rapat Koordinasi (Rakor) Food Estate Kalimantan Tenghah (Kalteng).

Rakor yang digelar di Ruang Rapat Utama Kementerian Pertanian RI, Jumat (18/3/2022) kemarin, dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo.

Hadir pada rakor tersebut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan, Direktur Jendral Sumber Daya Air, serta Direktur Jendral Cipta Karya Kementerian PUPR.

Pertemuan tersebut membahas hasil kegiatan dan rencana kerja lanjutan serta sinkronisasi pencapaian target program pengembangan food estate yang melibatkan Kementerian/Lembaga terkait dan Pemerintah Daerah.

Disamping itu, rakor juga membahas hasil kegiatan dan rencana kerja tindak lanjut food estate di Kalteng.

Diketahui, Kalteng merupakan salah satu lokasi pengembangan food estate. Beberapa komoditas pertanian dikembangkan termasuk hortikultura. Food Estate merupakan salah satu konsep penumbuhan lumbung pangan. 

Program Kementerian Pertanian (Kementan) ini berjalan atas arahan Presiden Joko Widodo guna mewujudkan kemandirian pangan. Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.

Sementara itu, Wagub Edy  menyebut bahwa rakor sinkronisasi itu bertujuan untuk mengevaluasi perkembangan food estate, progres capaian, dan langkah-langkah yang harus dilakukan kedepan.

"Pada intinya Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah tetap konsisten dan berkomitmen menyukseskan program food estate ini, apalagi keberhasilan di Kalimantan Tengah nantinya akan menjadi role model pengembangan food estate di daerah lain," ucapnya, Sabtu (19/3/2022).

Kemudian, dituturkannya bahwa sinergitas lintas sektor dan pemberdayaan masyarakat lokal menjadi kunci keberhasilan pengembangan food estate di Kalteng.

"Kunci dari keberhasilan pengembangan food estate ini adalah sinergitas lintas sektor," pungkasnya.[kenedy/adv]


Lebih baru Lebih lama