Tingkatkan SDM di Kalteng melalui Jalur Pendidikan

Tingkatkan SDM di Kalteng melalui Jalur Pendidikan

PENANDATANGANAN prasasti peresmian alih status kelembagaan dari STKAN ke IAKN Palangka Raya.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Alih Status Sekolah Tinggi Agama Kristen (STKAN) Palangka Raya ke Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Palangka Raya dan Gedung Serbaguna IAKN diresmikan.

Peresmian tersebut dihadiri Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang diwakili Staf Ahli  Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Yuas Elko itu dilangsungkan di Kampus IAKN Palangka Raya, Selasa (15/3/2022).

Hadir pula pada kegiatan itu, Sekjen Bimas Kristen Urbanus Rahangmetan, Kakanwil Kemenag Provinsi Kalteng H Noor Fahmi, Rektor IAKN Telhalia, Rektor IAIN Khairil Anwar, Rektor IAHN-TP Ketut Subagiasta.

Yuas Elko saat membacakan sambutan tertulis Gubernur menyampaikan, dengan diresmikannya sarana prasarana pendidikan ini, menjadi bukti bentuk komitmen bersama dalam upaya melahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan bermoral, sehingga memberikan manfaat dalam mencapai tujuan bersama, khususnya dalam mewujudkan Kalteng Makin Berkah, Kalteng yang Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah, dan Harmonis.

"Pada kesempatan yang baik ini, saya ucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak terkait atas dukungan, kerjasama serta perjuangannya, hingga suksesnya peralihan status dari STAKN Palangka Raya, menjadi IAKN Palangka Raya, serta berdirinya Gedung Serba Guna IAKN," ucapnya.

Pemprov Kalteng berharap, keberadaan IAKN akan sangat bermanfaat untuk menampung berbagai kegiatan yang berhubungan dengan proses belajar mengajar maupun pengembangan ilmu, seni, olahraga, dan berbagai kegiatan lainnya, yang secara maksimal dapat meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik, serta sebagai salah satu langkah untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Kalteng.

"Kami akan terus mendukung kemajuan lembaga pendidikan termasuk IAKN Palangka Raya, dimana salah satu tugas Pemerintah adalah meningkatkan Sumber Daya Manusia melalui jalur pendidikan," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Menteri Agama RI, H Zainut Tauhid Saadi dalam sambutannya mengatakan bahwa peresmian ini merupakan peristiwa bersejarah bagi dunia pendidikan tinggi keagamaan kristen yang alih status kelembagaan dari STKAN Palangka Raya menjadi IAKN Palangka Raya. 

"Alih status ini merupakan langkah strategis untuk memberikan peningkatan pelayanan pendidikan tinggi di lingkungan agama Kristen," tuturnya.

Ia menambahkan, IAKN Palangka Raya harus terus mengawal perubahan-perubahan yang terjadi sampai dengan hari ini, agar tidak tertinggal dengan berbagai perubahan global di dunia pendidikan.[kenedy/adv]


Lebih baru Lebih lama