Kades Harus Mampu Akomodir Aspirasi Warga

Kades Harus Mampu Akomodir Aspirasi Warga

KETUA Komisi I DPRD Barsel, Raden Sudarto.| foto : deni

BUNTOK - Kepala Desa (Kades), sejatinya bisa mengakomodir aspirasi yang disampaikan oleh warganya di wilayah kerjanya masing-masing. Pun dengan Kades di Kabupaten Barito Selatan (Barsel).

Hal ini seperti diungkapkan Ketua Komisi I DPRD Barsel, Raden Sudarto, Selasa (8/3/2022). Ia meminta Kades aktif dalam mengakomodir keinginan warga.

Hal ini dimaksudkan, lanjutnya, agar masyarakat merasa terlayani dan merasakan manfaat dari kehadiran sosok pemimpin di desa mereka masing-masing.

"Kades sebagai pucuk pimpinan dari Pemdes, dituntut bisa mengelola sektor Pemdes. Agar berjalan dengan baik, diwajibkan untuk mengakomodir aspirasi dari masyarakatnya," ucap legislator Bumi Batuah ini.

Menurut pria yang akrab disapa Haji Alex ini, hal tersebut bisa diwujudkan dalam pengambilan keputusan atau perencanaan pelaksanaan program yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam pembahasannya yang disesuaikan dengan skala prioritas desa. 

Sebab, lanjutnya, Kades harus bijak dan memberikan solusi serta mendengarkan, kemudian mengakomodir apa yang menjadi keluhan serta aspirasi masyarakat di desanya masing-masing.

"Tentunya juga menjadi sosok yang bisa diandalkan oleh warga desanya masing-masing," imbuhnya. 

Menurutnya, jika ada yang mengalami masalah, Kades juga harus turun tangan membantu mencarikan solusi dari masalah dialami warganya tersebut.[deni]


Lebih baru Lebih lama