Jelang Ramadhan, Tri Ingin Pemkab Barsel Pastikan Kebutuhan Sembako Stabil

Jelang Ramadhan, Tri Ingin Pemkab Barsel Pastikan Kebutuhan Sembako Stabil

ANGGOTA DPRD Barito Selatan, Tri Wahyuni.| foto : deni

BUNTOK - Tak berapa lama lagi umat Islam di Tanah Air menunaikan ibadah puasa bulan suci Ramadhan. Pun dengan masyarakat di Kabupaten Barito Selatan (Barsel).

Kebutuhan sembako pun dipastikan meningkat, seiring tingginya permintaan pasar. Setidaknya aktivitas berbuka puasa turut membutuhkan ketersediaan sembako.

Terkait ini, Anggota DPRD Barsel, Tri Wahyuni meminta pemerintah kabupaten segera mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok selama bulan bahkan hingga lebaran Idul Fitri.

Bulan suci Ramadhan sendiri diperkirakan dimulai pada 2 April mendatang atau sekitar 23 hari lagi. Biasanya, harga kebutuhan pokok meningkat akibat permintaan meningkat, apalagi jika pasokan dan stok tidak mampu mengimbangi peningkatan permintaan.

“Kenaikan harga sembako menjelang dan selama bulan Ramadhan itu sering terjadi," tutur Tri kepada metrokalimantan.com, Jumat (11/3/2022). 

Wakil rakyat ini mengatakan, seharusnya ini bisa diantisipasi dan dicegah dengan memastikan kelancaran pasokan dan ketersediaan barang sehingga harga tidak sampai melonjak.

Selain memantau, pasokan dan stok, Dinas terkait diharapkan bersinergi dengan distributor atau agen besar dalam memastikan stok barang. 

Stok harus dipastikan bisa memenuhi permintaan menjelang Ramadhan hingga setelah lebaran nanti.

"Dengan caranya  memantau dan melakukan upaya untuk menjaga kestabilan pasokan serta stok kebutuhan pokok agar bisa selalu memenuhi permintaan sehingga harga tidak sampai melonjak," ungkap politisi PDI Perjuangan ini.

Karena itu, dia berharap ada upaya serius pemerintah dalam melakukan intervensi pasar.[deni]


Lebih baru Lebih lama