Damang Kahayan Hilir Diminta segera Definitif

Damang Kahayan Hilir Diminta segera Definitif

SESI foto bersama antara Batamad Kabupaten Pulang Pisau bersama Camat Kahayan Hilir, usai menggelar pertemuan.| foto : manan

PULANG PISAU - Jabatan Damang Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), saat ini masih berstatus pelaksana tugas atau Plt. 

Berdasarkan status tersebut, Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak (Batamad) yang merupakan organisasi paramiliter yang setia kepada Majelis Adat Dayak, berharap akhir bulan Maret ini jabatan Damang Kahayan Hilir sudah berstatus definitif. 

Itu diungkapkan Ketua Batamad Kabupaten Pulang Pisau Andrianto kepada awak media, Jumat (11/3/2022) usai menggelar rapat bersama Camat Kahayan Hilir di kantor kecamatan setempat. 

"Kami dari Batamad Pulang Pisau berharap dan meminta agar Damang Kahayan Hilir sudah definitif. Paling lambat akhir bulan Maret dan sebelum bulan puasa," tegasnya. 

Menurut Andrianto, Damang ini merupakan jabatan sakral bagi suku yang di dalamnya ada hubungan emosional atau energi antara Damang dan Batamad. 

Dari itu, lanjutnya, Batamad sendiri siap mengawal proses pemilihan Damang diluar hal lainnya. 

"Jadi, kami dari Batamad hanya meminta segera dipasang pengumuman terkait proses pemilihan Damang definitif. Itu berdasarkan hasil keputusan rapat seluruh panitia pada 4 Maret 2022 tadi yang sudah ditandatangani oleh Pak Camat, diluar urusan lain kami tidak terlalu ikut campur," jelasnya. 

Dia menambahkan, apabila jabatan Damang sudah definitif maka itu akan berdampak positif bagi Batamad. Diantaranya, saat proses pelantikan Batamad desa harus mendapat mandat dari Damang Definitif. 

"Jadi, semisal belum definitif kami (Batamad) terkendala melakukan proses pelantikan anggota Batamad di tingkat bawah. Jadi, sekali lagi pengumuman ini harus segera dipasang," tutup Andrianto. 

Sementara, Camat Kahayan Hilir, Osa Maliki mengatakan, hasil rapat pertemuan bersama Batamad Kabupaten Pulang Pisau ini secepatnya akan dilaksanakan. 

"Besok pengumuman yang dimaksud akan kita pasang, dan kami berharap sebelum bulan puasa ini Damang Kahayan Hilir sudah terpilih," ujar Osa sapaan akrab Camat Kahayan Hilir. 

"Kami juga berharap kepada Batamad Kabupaten Pulang Pisau untuk mengawal, menjaga dan meredam apabila ada gejolak-gejolak di luaran, sehingga proses pemilihan Damang Definitif berjalan aman dan lancar. Karena Damang ini juga banyak membantu tugas kecamatan, khususnya di bidang adat istiadat," ucap Osa menambahkan.[manan]


Lebih baru Lebih lama