Jelang Ramadan, Ketersediaan dan Harga Bapok Masih Stabil dan Terkendali

Jelang Ramadan, Ketersediaan dan Harga Bapok Masih Stabil dan Terkendali

ASISTEN Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalteng Leonard S Ampung saat pimpin sidak ke pasar dan swalayan.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta Sekda dan seluruh pejabat yang tergabung dalam Satgas Pangan untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan dalam rangka untuk menjaga stabilitas harga pangan.

Tugas Satgas Pangan yang paling utama adalah setiap hari memantau, memonitor harga sembilan bahan pokok dan komoditas pangan lainnya yang berhubungan langsung dengan kebutuhan dasar masyarakat.

Berdasarkan arahan Mendagri tersebut, Tim Satgas Pangan dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) turun melakukan sidak ke Pasar Sesar, Sendys Swalayan, sub distributor, distributor dan pedagang eceren yang ada di Kota Palangka Raya, Senin (21/3/2022).

Sidak dan pemantauan itu dipimpin langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalteng, Leonard S Ampung didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Hj Sunarti serta jajaran dari Dagperin dan TPHP.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk memastikan stabilisasi harga, stok persedian dan distribusi barang di Kota Palangka Raya aman, lancar terkendali menjelang Bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 2022/1443 H.

Leonard menyebutkan, kegiatan sidak pasar itu menindaklanjuti arahan Mendagri saat memimpin Rakor Pengendalian Harga Pangan yang dihadiri oleh Pj Sekda Kalten Nuryakin, Asisten Perekonomian dan Pembangunan dan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian pada Jumat 18 Maret 2022 lalu.

"Dari pantauan kami sampai saat ini harga masih stabil dan terkendali, persediaan dan distrubusi aman dan lancar," ucap Leo sapaan akrabnya.

Pada umumnya, tambahnya, menjelang hari-hari keagamaan seperti jelang Ramadan dan Idul Fitri terjadi kontraksi harga di pasaran, dan alur distribusi yang kurang lancar dikarenakan berbagai faktor.

"Untuk itu Satgas Pangan selalu terus memonitor, bila terjadi hambatan akan segera diambil langkah yang perlu diambil untuk stabilisasi harga, persediaan dan distribusi," tandasnya.[kenedy/adv]


Lebih baru Lebih lama