Harapan Waket DPRD Kapuas terkait Penyusunan RKPD 2023

Harapan Waket DPRD Kapuas terkait Penyusunan RKPD 2023

WAKIL Ketua I DPRD Kapuas, Yohanes ST.| foto : zulkifli

KUALA KAPUAS - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kapuas, Yohanes ST menyampaikan harapannya terkait 
penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah atau RKPD tahun 2023 mendatang.

"Apa yang telah direncanakan bisa konsisten dilaksanakan oleh Pemkab Kapuas bersama stakeholder," kata Yohanes, disela menghadiri kegiatan forum perangkat daerah/lintas daerah di Aula Beppeda Kuala Kapuas, Senin (14/3/2022).

"Dan DPRD juga konsisten melakukan pengawasan perencanaan tersebut. Harapannya juga kebutuhan dasar direncanakan tahun 2023. Kebutuhan dasar itu seperti pendidikan kesehatan pangan tercukupi dulu juga infrastruktur tetap diperhatikan," papar Yohanes, kepada sejumlah wartawan.

Dikatakan Wakil rakyat dari PDI Perjuangan ini, forum tersebut diadakan sebelum melaksanakan Musyawarah rencana pembangunan atau Musrenbang tingkat Kabupaten Kapuas rencananya akhir bulan Maret. 

"Ini dilakukan sinkronisasi antara OPD semua kepentingan, stakeholder menyesuaikan untuk perencanaan RKPD Kapuas," kata Anes sapaan familiarnya.

Sesuai dengan tema RKPD tahun 2023, lanjut dia adalah pemantapan sektor pertanian dan industri pengolahan menuju Kapuas yang maju sejahtera dan mandiri.

"Juga untuk menunjang kegiatan food estate nantinya direncanakan. Misalnya padi diolah jadi beras kemudian turunannya lagi seperti apa," imbuhnya.

Diinginkannya pengolahan seperti itu dilakukan oleh masyarakat Kapuas, juga misalnya buah hasil pertanian nanas diolah jadi selai sehingga jadi barang jadi.

"Harapannya apa yang menjadi keinginan bersama karena indikatornya nanti BPS akan melakukan survey. Apakah keberhasilan pembangunan itu karena indikatornya adalah kesejahteraan masyarakat Kapuas meningkatnya ekonomi, dan meningkatnya kualitas hidup di masyarakat Kapuas," pungkas Ketua DPC PDIP Kapuas ini.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama