Core Values ASN Berakhlak Resmi Diluncurkan

Core Values ASN Berakhlak Resmi Diluncurkan

PENABUHAN katambung tandai peluncuran core values ASN berakhlak.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Dengan Employer branding "Bangga Melayani Bangsa", Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Edy Pratowo secara resmi meluncurkan Core Values (Nilai Dasar, red) ASN Berakhlak, dan membuka Workshop Kepemimpinan bagi Kepala Perangkat Daerah Lingkup Provinsi Kalteng Tahun 2022. 

Kegiatan dengan mengambil tajuk "ASN Berakhlak, Kalimantan Tengah Penuh Keberkahan" itu berlangsung dan terpusat di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur setempat digelar secara Hybrid, Kamis (31/3/2022).

Wagub Edy saat membacakan amanat tertulis Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran menyampaikan apresiasi dan mendukung penuh kegiatan itu sebagai langkah tindak lanjut Pemprov Kalteng terhadap arahan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo terkait core values ASN yang baru, yaitu Berakhlak.

Secara terminologi, bebernya, akhlak merupakan tingkah laku seseorang yang didorong oleh suatu keinginan secara sadar untuk melakukan suatu perbuatan yang baik, sehingga akhlak yang baik tercermin pada perangai, tingkah laku, atau tabiat yang baik pula.

Edy mengatakan dalam era reformasi birokrasi, perubahan harus dilakukan secara masif, konsekuen, dan konsisten guna tercapainya perbaikan dalam segala bidang, baik ideologi, politik, ekonomi, sosial, dan budaya. 

Reformasi birokrasi merupakan perubahan pola pikir dan budaya kerja dari aparatur negara yang merupakan upaya pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem dalam penyelenggaraan pemerintahan.

"Perubahan menuju birokrasi dinamis tentu tidak bisa diraih dengan cara-cara lama. Diperlukan perubahan fundamental pada pola pikir dan sikap mental ASN yang tadinya hierarkis, menjadi lebih lincah dan inovatif," ucapnya.

Seorang ASN berakhlak, lanjutnya, tentu akan menghindari segala bentuk perilaku yang menyimpang, terlebih praktik-praktik korupsi yang dapat merugikan masyarakat dan negara.

Ia juga menginformasikan selain melakukan launching, juga sekaligus melaksanakan sosialisasi dan internalisasi ASN berakhlak.

"Semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat dan dampak yang besar terhadap keberhasilan implementasi Core Values ASN Berakhlak di Provinsi Kalimantan Tengah," pungkasnya.[kenedy/adv]


Lebih baru Lebih lama