Postingan "7 pemuda tewas di ajar satu pemuda di Kalteng Bahaur tempatnya di Desa Sei Jaruju" itu Hoax

Postingan "7 pemuda tewas di ajar satu pemuda di Kalteng Bahaur tempatnya di Desa Sei Jaruju" itu Hoax

PULANG PISAU - Beredar dan sempat viral postingan dijejaring sosial yang ditulis oleh akun Putra Jaruju pada Grup Kabar Kalteng Terbaru di Facebook (FB).

Di mana postingan oleh akun FB Putra Jaruju tersebut menyampaikan tentang "7 pemuda tewas di ajar satu pemuda di Kalteng Bahaur tempatnya di Desa Sei Jaruju".

Di dalam postingannya itu, sempat dikomentari puluhan pengguna Facebook lainnya. 

Desa Sei Jaruju sendiri berada di wilayah Kecamatan Kahayan Kuala, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng). 

Setelah mendapat informasi tersebut, pihak kepolisian setempat, yakni Polsek Kahayan Kuala, Polres Pulang Pisau mendatangi dimaksud. Namun, setelah dilakukan kroscek lokasi kejadian tersebut tidak benar alias hoax. 

Kepada awak media, Kapolres Pulang Pisau, AKBP Kurniawan Hartono melalui Kapolsek Kahayan Kuala, Ibnu Khaldun menyampaikan fakta di lapangan bahwa di Desa Sei Jaruju tidak ada kejadian yang di posting oleh akun Putra Jaruju. 

"Iya, postingan itu tidak benar alias hoax. Saat ini wilayah Kecamatan Kahayan Kuala aman dan kondusif," tegasnya, Jumat (4/2/2022).

Atas kejadian tersebut, Kapolsek berpesan agar bijak dalam menggunakan media sosial atau medsos, khususnya bagi para generasi muda. 

"Selalu bijak lah dalam bermedia sosial. Karena disitu ada UU ITE yang mengatur sanksi pidana bagi pelaku yang melanggarnya. Jadi, saring sebelum sharing, mari kota lawan lawan hoax, tolak hoax, tangkal hoax dan laporkan hoax serta Stop Hoax, Pornografi, Ujaran Kebencian, dan Sara," pesannya. 

"Untuk pelaku ini dilakukan pembinaan," tambah Kapolsek.[makan]


Lebih baru Lebih lama