Pelajari Pengelolaan PAD, Legislator Kota Palangka Raya Sambangi Kota Bogor

Pelajari Pengelolaan PAD, Legislator Kota Palangka Raya Sambangi Kota Bogor

JAJARAN Komisi A DPRD Kota Palangka Raya melaksanakan Kunker ke Kota Bogor. | foto : humas dprd

PALANGKA RAYA - Akhir pekan lalu, Komisi A DPRD Kota Palangka Raya melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Kota Bogor terkait peran DPRD dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dalam kunker ke Bogor tersebut, legislator ini menuju Bagian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sekretariat Kota Bogor, Jawa Barat.

Anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Jhony Arianto Satria Putra mengatakan, pengawasan sektor penerimaan PAD sangatlah penting untuk selalu menjadi prioritas dalam kinerja pihak DPRD dan juga pemerintah daerah agar tercapainya sistem keuangan daerah yang mandiri.

"Salah satu alasan mengapa dilaksanakan kunker ke Kota Bogor, yakni agar nantinya pemerintah daerah tidak lagi bergantung pusat dan sumber-sumber penerimaan lainnya sehingga defisit anggaran tidak perlu menjadi agenda rutin dalam pembahasan RAPBD setiap tahunnya," ungkapnya, Senin (7/2/2022).

Dikatakan, Kota Bogor sendiri sudah terbangun bagaimana pemerintah daerah memainkan perannya secara baik yang berimplikasi positif, serta bagaimana sinergitas lembaga legislatif dan eksekutif dalam pengaturan fungsi pengawasan terhadap peningkatan PAD.

"Dalam pertemuan kunker itu kami berdiskusi sekaligus menggali bagaimana peningkatan efektivitas pelaksanaan fungsi pengawasan DPRD terhadap peningkatan PAD," ucapnya.

Dalam kunker tersebut juga, bebernya, didapat pengetahuan terkait beberapa cara pengawasan terhadap peningkatan PAD, diantaranya mencakup Preliminary Control, Interim Control, dan Post Control.

"Dengan adanya kunker ke Kota Bogor tersebut kami semakin berkomitmen untuk menghadirkan inovasi sebagai upaya membantu mendongkrak PAD Kota Palangka Raya," tandasnya.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama