Kunker ke BPPW Kalteng, Upaya Bupati Pulang Pisau Mencari Sumber Pembiayaan Pembangunan Diluar APBD

Kunker ke BPPW Kalteng, Upaya Bupati Pulang Pisau Mencari Sumber Pembiayaan Pembangunan Diluar APBD

BUPATI Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang bersama sejumlah pejabtnya saat berkunjung ke BPPW Kalteng.| foto : bappedalitbangpulpis 

PULANG PISAU - Keseriusan Bupati Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Pudjirustaty Narang dalam mencari dan menggali sumber-sumber pembiayaan pembangunan diluar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kabupaten setempat terus dilakukannya. 

Keseriusan orang nomor satu di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat itu, bukan isapan jempol. 

Hal tersebut dibuktikannya dengan mengunjungi Balai Pemukiman dan Prasarana Wilayah (BPPW) Kalimantan Tengah di Palangka Raya, Senin (14/2/2022).

Kedatangan Bupati Pulang Pisau bersama sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Pulang Pisau disambut langsung oleh Kepala BPPW Kalteng, Yanuar Seto Nugroho. 

Kepada awak media, Taty sapaan akrabnya menyampaikan tujuan kunjungan ke pihak BPPW Kalteng, yakni sebagai media silaturahmi sekaligus berdiskusi untuk mencari terobosan serta peluang yang menjadi prioritas program pembangunan di Kabupaten Pulang Pisau. 

"Saya bersama rombongan terdiri Pak Sekda, Kepala Bappedalitbang, Kadis PUPR, dan rombongan lainnya ingin mendengar dan bertatap muka secara langsung sekaligus membangun  hubungan yang lebih baik termasuk sebagai upaya mendapatkan informasi, arahan, dan petunjuk dari pihak BPPW Kalteng," ungkapnya. 

Menurut Taty, eberapa hal yang mendesak yang menjadi pekerjaan rumah bagi Pemkab Pulang Pisau, terutama yang berhubungan dengan kebutuhan masyarakat seperti  pengadaan air bersih dan persampahan. 

Dan, lanjutnya, kunjungan ke BPPW Kalteng ini wadah atau tempat yang tepat. "Mengingat instansi ini adalah perpanjangan tangan dari Kementerian PUPR," katanya. 

Masih menurut Taty, prioritas program usulan yang disampaikan ke pihak BPPW Kalteng adalah untuk operasionalnya pipanisasi Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang ada di desa Mantaren I, dan tempat pembuangan akhir atau TPA yang ada di Desa Gohong Kecamatan Kahayan Hilir pada tahun 2023.

"kita sudah mempersiapkan dokumen usulan dan persyaratan yang direkomendasikan pihak balai baik dengan kajian lingkungan, dan syarat penting lainnya," bebernya. 

Sementara, Kepala BPPW Kalteng, Yanuar Seto Nugroho menyampaikan apresiasi atas kunjungan langsung Bupati Pulang Pisau bersama rombongan untuk bersilaturahmi dan berdiskusi terkait tema pembangunan khususnya di Kabupaten Pulang Pisau. 

banyak informasi yang kami dapatkan termasuk memberi alternatif dan saran nantinya untuk mendapatkan sumber-sumber program dan kegiatan melalui kementrian pupr.

"kami sangat apresiasi atas kunjungan langsung bupati pulang pisau, dan pertama kepala daerah di kalimantan tengah yang berkunjung ke tempat kami," kata Yanuar yann juga menyampaikan bahwa selain program prasana dan pemukiman, sanitasi dan spam, Pemkab Pulang Pisau juga mendapat peluang bantuan pendidikan terkait pembangunan sekolah yang mengalami kondisi kerusakan berat.

"Jadi kami sampaikan untuk segera disampaikan melalui Dinas Pendidikan Pulang Pisau untuk melakukan inventarisasi sekolah-sekolah yang memang memenuhi persyaratan yang dapat dibantu BPPW Kalteng," tambahnya.[rilis/manan]


Lebih baru Lebih lama