Guru Besar UIN Kagumi Kopiah Kondang Khas Tala

Guru Besar UIN Kagumi Kopiah Kondang Khas Tala

DIDAULAT menjadi penceramah, Profesor Hafiz Anshari mengaku kagum dengan kopiah berikut filosofinya.| foto : andra

PELAIHARI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut (Tala) menggelar peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam, di hutan jati belakang kantor Bupati, Kamis (17/2/2022). 

Dalam kegiatan ini, Guru Besar dari UIN Antasari Prof DR KH A Hafiz Anshari didaulat menjadi penceramah.

Di momen Isra Mi'raj ini, Bupati Tanah Laut, HM Sukamta mengungkapkan kisah pembuatan  Kopiah Tuntung Pandang (Kondang), yakni peci yang sudah menjadi ciri khas Kabupaten Tanah Laut.

Hal inipun mendapat pujian Prof. Hafiz. Ia mengaku mengagumi akan filosofi Kondang ini setelah mendengar cerita dari  Bupati. Bukan hanya sekedar bentuknya, salah satu inspirasinya hadir dari Alquran Smsurah Ali Imran ayat 103.

Makna ayat ini menunjukkan lambang persatuan dan kesatuan. Melalui ayat ini, Allah subhanahu wata'ala berpesan agar selalu berpegang teguh pada tali Agama Allah serta jangan bercerai berai. 

"Realitas kehidupan masyarakat Kabupaten Tala yang dianugerahi beragam agama maupun suku nyatanya mampu hidup berdampingan dan bersatu dalam membangun Tanah Laut. Semua itu tergambarkan pada Kondang dan kreatifitasnya lahir justru dari Al-Qur'an," kata Profesor.

Ia menuturkan pula, seandainya dalam segala aktivitas kita mampu berpikir sebagaimana pikiran di balik lahirnya Kondang ini, bukan tidak mungkin tindakan kita merupakan tindakan yang qurani.

Peringatan Isra Mi'raj kali ini turut dihadiri unsur Forkopimda Tala, Kepala SKPD serta ASN lingkup Pemkab Tala.[adv[


Lebih baru Lebih lama