Dekranasda Berupaya Bangkitkan Penghasilan UMKM

Dekranasda Berupaya Bangkitkan Penghasilan UMKM


PALANGKA RAYA - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalteng, terus berupaya membangkitkan penghasilan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah pandemi saat ini.

Membuka lapak kuliner tiap akhir pekan, menjadi salah satu upaya untuk mendongkrak perekonomian UMKM pada 2022, Sabtu (29/1/2022).

Lapak kuliner tersebut dinamakan Dekranasda Café, yang diinisiasi Ketua Dekranasda Kalteng Ivo Sugianto Sabran bekerjasama dengan Pemprov Kalteng. Sebagaimana diketahui, selama pandemi Covid-19, omzet para pelaku UMKM cukup ikut terdampak.

Dekranasda cafe dibuka saat akhir pekan, yakni setiap Jumat malam dan Sabtu malam. Untuk menu malam Sabtu di Cafe Dekranada, tersedia Coto Makassar, Laluna Es Mangga, Dimsum, ubi coklat lumer, Sempol ayam, dan Malieqa Food-Nasi Biryani.

Setiap pelanggan yang berkunjung ke Dekranasda Café, dimanjakan dengan live musik, tempat yang nyaman dan parkiran yang luas. Selain itu, para pelanggan juga dimanjakan dengan produk-produk khas Kalteng.

Di mana salah satu upaya pembinaan yang telah dilakukan Dekranasda Kalteng bekerjasama dengan Pemprov Kalteng, yakni pendirian Gedung Central Borneo Souvenir (CBS) yang telah menjadi center of exellence produk kerajinan dari 14 kabupaten dan kota di Kalteng. 

Area ini menjadi wisata belanja produk kerajinan dan cinderamata khas Kalteng.[deni/adv]

Lebih baru Lebih lama