Bupati Pulang Pisau Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan Dermaga dan Feri di Kiapak

BUPATI Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang bersama rombongan saat meninjau lokasi pembangunan strategis di Kecamatan Kahayan Kuala (Bahaur).| foto : manan

PULANG PISAU - Bupati Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), Pudjirustaty Narang, meninjau sejumlah lokasi strategis di wilayah Kecamatan Kahayan Kuala, (Bahaur) Kabupaten setempat, Selasa (4/1/2022). 

Kedatangan orang nomor satu di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ke wilayah kecamatan pesisir Kabupaten Pulang Pisau itu, dalam rangka kunjungan kerja (kunker) untuk melihat lokasi yang rencana akan dibangun dermaga dan feri di Desa  Kiapak. 

Kunker yang dilakukan bupati tersebut didampingi unsur forkopimda, sejumlah Kepala OPD di lingkup Pemkab Pulang Pisau serta pihak terkait lainnya. 

Pada kesempatan tersebut, Taty sapaan akrab Bupati perempuan pertama di Pulang Pisau meminta kepada dinas terkait, agar saling berkoordinasi demi terwujudnya dermaga penyeberangan yang sebelumnya sudah diusulkan. 

"Pada dasarnya saya mendukung penuh perihal rencana pembangunan dermaga dan feri di Desa Kiapak. Jadi, para dinas terkait saling berkoordinasi untuk mewujudkan hal tersebut," ucap bupati cukup singkat kepada awak media. 

Terpisah, saat dikonfirmasi media ini via WhatsApp, Selasa (4/1/2022) malam.  Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Pulang Pisau, Dr Supriyadi mengatakan, bahwa kunker bersama kepada daerah, unsur forkopimda, sejumlah Kepala OPD terkait, camat dan kepala desa setempat dengan agenda mengunjungi Pelabuhan Bahaur, Dermaga Pasar Bahaur, dan dilanjutkan menuju rencana pembangunan dermaga dan feri di Desa Kiapak. 

"Kunker pertama ibu bupati bersama rombongan ke Pelabuhan Bahaur. Untuk di dermaga pasar Bahaur rencana akan direhab berat dan di Desa Kiapak meninjau lokasi destinasi wisata disana dan juga di sana akan kita usulkan untuk dibangun dermaga serta feri," kata Dr Supriyadi secara umum. 

Sementara perlu diketahui, kunker Bupati Pulang Pisau beserta rombongan tetersebut, dengan memperhatikan  Surat dari Bupati Pulang Pisau ke Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, tanggal 16 November 2021, Nomor : $52/347/DishubPP/XU2021, Perihal Rekomendasi dukungan permohonan bantuan pembangunan pelabuhan/dermaga di Desa Kiapak Kecamatan Kahayan Kuala. Rekomendasi Camat Kahayan Kuala, tanggal IS Mei 2020, Nomor : 522/51/KK/NVEP.2020. 

Surat Kepala Desa Kiapak ke Bupati Pulang Pisau, tanggal 12 Mei 2020, Nomor : 2003/4I/PEMDES-KPK/V/2020, Perihal Mohon bantuan pembuatan pelabuhan panjang mengarah ke Laut total panjang 500 m/ Iebar 2m. 

Dan, berita acara Musyawarah tentang permohonan bantuan pelabuhan oleh Kepala Desa Kiapak. 

Berkenaan dengan hal tersebut lah sebagai tindak lanjut usulan dimaksud, maka para pihak tadi dapat mendampingi kunker Bupati Pulang Pisau ke Desa Kiapak, Kecamatan Kahayan Kuala (Bahaur), Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng.[manan]


loading...