Bulan K3 Nasional Ditandai Aksi Kemanusiaan Donor Karyawan Arutmin Kintap dan Mitra Kerja

PELAIHARI - PT Arutmin Indonesia Tambang Kintap menggelar bakti sosial donor darah. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan Bulan K3 Nasional dengan menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Tanah Laut, di Camp Marina Mekarsari, Selasa 18 Januari 2022. 

Kegiatan kemanusiaan itu sekaligus sebagai upaya memenuhi stok darah di PMI yang acapkali kekurangan stok. Program ini sejalan dengan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat pada Bidang Kesehatan. 

Tidak hanya karyawan Arutmin tapi juga bersama ratusan karyawan mitra kerja yaitu PT Dharma Henwa, PT Pama Persada Nusantara, PT Laz Coal Mandiri, PT Banjarindo Panen Putra, PT Geoservices, dan PT MP/NTP beserta sub Kontraktor turut mensupport kegiatan kemanusiaan itu.

Cukup antusias aksi donor darah. Dimana Ini kali pertama dilaksanakan kurun waktu setahun. Mengingat pandemi Covid19 melanda, Arutmin mulai menginisiasi kegiatan kemanusiaan ini kembali dengan tetap menjaga Protokol Kesehatan selama kegiatan donor berlangsung.

Peserta donor darah Dayat menyambut dengan antusias kegiatan ini. "Sangat bersyukur bisa donor darah kembali karena di masa pandemi hampir tidak ada pelaksanaan donor darah dan jarak tempuh yang cukup jauh dari Kintap ke PMI Tanah Laut," kata Dayat.

Alhamdulillah, sambung dia, akhirnya bisa donor kembali. "Sekantong darah akan sangat berarti bagi orang yang membutuhkan," kata Dayat.

Ia menambahkan, walaupun mempunyai uang yang banyak kadang tidak menjadi jaminan mendapatkan sekantong darah bagi mereka yang membutuhkannya. Selain itu, berdonor juga punya berbagai manfaat sehat bagi yang melakukannya.

Sementara itu, Ismail Bambang Nugroho, Superintendent Safety Health Environment (SHE)  mengatakan Kegiatan kali ini dalam rangka bulan K3 Nasional.

"Kegiatan donor darah ini nantinya dapat dilaksanakan per tiga bulan ataupun enam bulanan, dengan melihat perkembangan Covid-19,” imbuhnya.

"Alhamdulillah, pelaksanaan donor darah kali mencapai target 100 kantong darah," tuturnya.

PMI Tanah Laut sendiri berharap Donor darah Arutmin bisa menjadi contoh perusahaan lain untuk berkontribusi kegiatan kemanusiaan.

"Semoga perusahaan lainnya dapat mengikuti kegiatan yang telah dilaksanakan Arutmin," kata petugas PMI.

Dia menjelaskan, selama pandemi stok darah di PMI masih belum mencukupi permintaan dari Fasilitas Kesehatan di Kabupaten Tanah Laut.[rilis/andra]


loading...