Promosikan Hasil Usaha melalui Video, Petani di Daerah Transmigrasi Antusias

Promosikan Hasil Usaha melalui Video, Petani di Daerah Transmigrasi Antusias

BADAN Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, Kalimantan Selatan, menjalin kerjasama ketenagaan pelatihan.

Kerjasama ini dilakukan pada kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kawasan Transmigrasi Lamunti Dadahup, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah. 

Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya petani di daerah transmigrasi dalam rangka mendukung ketahanan pangan. 

Kegiatan pelatihan Strategi Pemasaran ini dilaksanakan selama 7 hari, 6 hingga 12 Desember 2021 yang terdiri dari 5 kelas (desa) berbeda yang berada di kawasan transmigrasi Dadahup.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan oleh Disnakertrans Kalimantan Tengah dan berkolaborasi dengan Kementerian Pertanian. 

Pelatihan ini digelar dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional di kawasan Food Estate, dengan tujuan meningkatkan kompetensi, keterampilan dan motivasi usaha tani. 

Perlunya peningkatan kompetensi petani, karena masyarakat setempat merupakan masyarakat eks transmigrasi tahun 1986-2013 yang masih harus terus ditingkatkan kapasitasnya.

Pelatihan diikuti oleh 30 peserta dengan instruktur gabungan dari BBPP Binuang dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kalimantan Tengah. Para peserta berasal dari petani yang tinggal di desa C3 atau Desa Rawa Subur.

Menteri Pertanian Sahrul Yasin Limpo (SYL) dalam arahannya mengatakan, Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian berkualitas termasuk prioritas Kementerian Pertanian. Sebab, target produktivitas tinggi harus diberikan. 

"Tujuannya untuk mendukung program ketahanan pangan nasional. Untuk itu, pelatihan penyuluh dan petani harus diberikan karena pertanian sangat dinamis," jelasnya. 

BPPSDMP melalui Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, tak pernah berhenti dalam melakukan pengasahan pengetahuan.

Dalam pelatihan ini, Widyaiswara BBPP Binuang dan instruktur dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kalimantan Tengah memberikan pelatihan terkait strategi pemasaran, 4P marketing, segmentasi pasar, analisis pasar dan tren, memanfaatkan sosial media sebagai saluran pemasaran, strategi pemasaran B2B, desain logo dan brand dan tahapan dalam proses izin edar barang. 

Para peserta pelatihan di Desa Rawa Subur tampak sangat antusias mengikuti pelatihan strategi pemasaran ini. 

Pada kegiatan pelatihan ini, peserta dilatih untuk terampil mempromosikan produk hasil usaha mereka melalui sebuah video. 

Peserta dibagi dalam beberapa kelompok kemudian memuat sebuah video promosi. 

Para peserta terlihat sangat kreatif dalam membuat konten video, ada yang membuat konten berupa drama promosi, ada dalam bentuk penyuluhan dan ada juga bentuk dalam bentuk talkshow. 

Konten video yang dibuat peserta akan diposting dan sosial media masing-masing seperti facebook, instagram dan youtube. Untuk video promosi terbaik ditentukan berdasarkan jumlah like dan subscribe pada akun media sosial masing-masing. 

Salah satu peserta pelatihan strategi pemasaran yang membuat konten video, memberikan pendapatnya bahwasanya model pemasaran seperti ini belum pernah sama sekali mereka terapkan, dan konten video seperti ini sangat bagus untuk menarik calon pembeli di desa dan luar desa yang dekat dengan daerah transmigran lainnya. 

Dalam pelatihan ini menitikberatkan perubahan perilaku dan keterampilan serta pemahaman konsep cara pemasaran yang strategis sehingga dapat diadopsi oleh kelompok tani dan gapoktan di wilayah transmigrasi lainnya.

Diharapkan kepada peserta pelatihan yang terdiri dari petani dan pendukungnya agar dapat meningkatkan kemampuan managemen dan teknis SDM melalui penerapan teknologi yang unggul, tepat guna, spesifik lokasi.

Juga pengembangan kelembagaan, ekonomi dan permodalan, peningkatan kemampuan menegerial usaha dan kemitraan, serta peningkatan pembinaan administrasi, personil dan efisien dalam meningkatkan produktivitas.[adv]


Lebih baru Lebih lama