Masuk Musim Tanam, Asisten III Sekda dan DKP3 Balangan Bersama Petani Lakukan Penanaman Perdana

Masuk Musim Tanam, Asisten III Sekda dan DKP3 Balangan Bersama Petani Lakukan Penanaman Perdana

PARINGIN, MK - Masuknya awal musim tanam pada tanaman padi sawah, kelompok tani di Desa Balida  Kecamatan Paringin, bersama Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Balangan dan Asisten III Sekda serta unsur forkopimda, lakukan penanaman perdana di sawah wisata Racah Mampulang, Kamis (9/12/2021).

Kepala Desa Balida Saridin mengungkapkan, Kelompok tani yang ada di Balida berjumlah 11 kelompok, dan sedangkan luasan keseluruhan persawahan yang ada sekitar 50 hektare.

"Untuk penanaman perdana yang di selenggarakan di wisata Racah Mampulang ini luasannya berkisar 5 hektare," tuturnya.

Selanjutnya, tambahnya, usia penanaman padi tersebut akan dilakukan perawatan dan pemeliharaan terhadap tanaman padi, agar mampu memberikan hasil yang baik.

Sementara itu, Sekertaris DKP3 Pemkab Balangan Rahimi menyampaikan, untuk jenis padi yang ditanam ini merupakan jenis Padi Impari 30.

"Mengapa desa Balida menjadi tempat tanam perdana karena Desa Balida yang telah siap lahan sawahnya, dan masyarakatnya  sangat antusias," sebutnya.

Ia juga mengharapkan kepada petani padi yang ada di Kabupaten Balangan agar bisa melakukan penanam padi secara serentak.

Terpisah, Asisten III Sekretariat Daerah Pemkab Balangan  H Akhmad Nasa'i mengatakan, kegiatan hari ini merupakan kegiatan tanam perdana di musim tanam Februari hingga Maret.

"Kita berharap padi yang di tanam tadi bisa tumbuh subur, dan bisa memberikan kemakmuran petani di desa Balida Khususnya," tutupnya.[agus/adv]


Lebih baru Lebih lama