Ini Pesan Gubernur saat Penutupan Latsar CPNS Gelombang VIII Kalteng Tahun 2021

Ini Pesan Gubernur saat Penutupan Latsar CPNS Gelombang VIII Kalteng Tahun 2021

PENUTUPAN Latsar CPNS Gelombang VIII Kalteng Tahun 2021.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Kegiatan  Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Gelombang VIII, Golongan III, Angkatan 32, 33, 34 dan 35 serta Golongan II Angkatan 12 lingkup  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2021 secara resmi ditutup.

Penutupan yang dilangsungkan secara daring tersebut dilakukan oleh Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Yuas Elko, Senin (20/12/2022) sore. 

Yuas Elko menyampaikan amanat tertulis Gubernur bahwa PNS sebagai aparatur pemerintah yang mempunyai peran penting dan sangat menentukan untuk keberhasilan pembangunan serta kemasyarakatan yang dilaksanakan oleh pemerintah.

Itu, selaras dengan Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 20 Tahun 2021 Tentang Implementasi Core Values dan Employer Branding ASN BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaborati).

Karenanya, latsar yang dilaksanakan itu juga dimaksudkan untuk dapat membentuk figur PNS yang nantinya akan mampu memberikan peranannya sebagai seorang abdi Negara dan abdi masyarakat. 

"Sebagai seorang aparatur pemerintah yang akan melaksanakan pelayanan kepada masyarakat, maka tentunya PNS tidak saja diharapkan memiliki kompetensi namun juga harus memiliki sikap dan perilaku sebagai seorang pelayan bagi masyarakat," ucapnya.

Lanjut disampaikan, sebagai  seorang aparatur pemerintah yang akan melaksanakan pelayanan kepada masyarakat, maka tentunya PNS tidak saja diharapkan memiliki kompetensi teknis namun memiliki kompetensi sosio kultural, kreativitas juga menjadi penting terutama mengatasi tuntutan di era Industri dan Pandemi Covid-19.

"Kepada kita sekalian, dimasa Pandemi Covid-19 yang saat ini masih melanda Negeri, khsusunya Provinsi Kalimantan Tengah, saya tidak lupa mengingatkan untuk selalu waspada dan taat protokol kesehatan walaupun saat ini intensitas penyeberan menurun," katanya.

Lebih lanjut, sebagai seorang aparatur Negara harus menjadi role model dan berperan aktif menyosialisasikan serta mengajak masyarakat untuk melakukan Vaksinasi Covid-19 sebagai upaya memutus mata rantai penyebarannya.

Ia juga berharap kepada peserta Latsar agar dapat meningkatkan kompetensi dan pengabdian kepada Bangsa dan Negara khususnya bagi Provinsi Kalteng demi terwujudnya Kalteng Makin Berkah (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis).

"Kepada penyelenggara, widyaiswara dan peserta, saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas kerjasama dan koordinasi yang baik dalam penyelenggaraan pelatihan ini, sehingga dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib," tukasnya.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama