Bahasa Daerah, Mukarramah: Sangat Penting Dilestarikan

Bahasa Daerah, Mukarramah: Sangat Penting Dilestarikan

PALANGKA RAYA, MK - Pemerintah dan masyarakat harus melakukan berbagai upaya dalam pelestarian bahasa daerah.

Hal tersebut bertujuan untuk menghalau arus globalisasi dan masuknya bahasa asing yang berpotensi menggerus budaya ciri khas bangsa.

Menurut anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Mukarramah, bahasa daerah terancam punah akibat era globalisasi, yang mana generasi sekarang ini sudah mulai tertarik untuk mempelajari bahasa-bahasa asing yang dengan mudah diakses melalui internet.

"Tidak ada yang salah dalam mempelajari bahasa asing, sebab bahasa tersebut juga penting untuk kita pelajari. Namun, bahasa daerah sangat penting untuk dilestarikan karena menjadi cerminan identitas bangsa kita," ungkap politisi Partai Nasdem ini, Kamis (2/12/2021).

Dikatakannya, ada beberapa tips atau cara mencegah kepunahan bahasa daerah, diantaranya orang tua harus mengajarkan bahasa daerah kepada anak-anaknya untuk berkomunikasi dalam keseharian.

Selain itu, tambahnya, pemerintah bisa menerbitkan bacaan atau majalah dengan bahasa daerah setempat. 

"Menggunakan bahasa daerah pada saat dirumah dan menyelenggarakan acara-acara yang dapat melestarikan bahasa daerah, seperti karya tulis, drama, puisi, dan lainnya," tutupnya.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama