28 Perpustakaan di Kotabaru Dapat Sertifikat Akreditasi Nasional

KOTABARU, MK - Sebanyak 28 perpustakaan di bawah naungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kotabaru mendapatkan sertifikat Akreditasi dari Perpustakaan Nasional, tepatnya melalui Jalur Portofolio dan Relaksasi. 

Sertifikat Akreditasi diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah Kotabaru, Said Akhmad di Balai Gunung Jambangan Politeknik Kotabaru, Rabu (8/12/2021). 

Sekda Said mengapresiasi 28 Perpustakaan itu, di mana telah berhasil mendapatkan Akreditasi dari Perpustakaan Nasional tahun 2021.

"Teruslah mengembangkan perpustakaannya untuk meningkatkan minat baca bagi masyarakat kita, agar masyarakat mendapatkan pemahaman dengan adanya perpustakaan tersebut," tuturnya.

Menurutnya, keberadaan perpustakaan ini bukan suatu hal yang baru, namun dengan banyak perpustakaan bisa membantu masyarakat untuk baca tulis. Perpustakaan membuat orang bisa menjadi hebat. 

"Di setiap desa harus mempunyai perpustakaan. Untuk itu, setiap Dana Desa harus menyisihkannya untuk memperbanyak buku guna mencerdaskan bangsa dan negara," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kotabaru, Ir H Gusti Syahruddin mengatakan, Sertifikat Akreditasi dari Perpustakaan Nasional yang diperoleh itu merupakan legalisasi pengakuan resmi dari Pemerintah Pusat. 

"Kita patut berbangga, 28 perpustakaan di Kotabaru berhasil mendapatkan Akreditasi dari mereka, artinya perpustakaan ini sudah memenuhi standar Perpusnas," ujar Syahruddin.

Syahruddin menjelaskan, program pembinaan untuk mendapatkan akreditasi ini dilaksanakan setiap tahunnya.

"Mudah-mudahan kegiatan hari ini, dapat memotivasi perpustakaan lain yang belum mendapatkan Akreditasi agar segera mendapatkannya," pungkasnya.

Turut hadir di penyerahan Direktur Politeknik Kotabaru, Kepala Sekolah, dan Staf Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri, SMA, SMP, dan Desa.[zainuddin]


loading...