Wartawan Balangan Ikuti Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian

Wartawan Balangan Ikuti Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian

PARINGIN, MK - Puluhan Wartawan di  Kabupaten Balangan mengikuti Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Balangan bersama PWI Kalsel.

Bertempat di Gedung PWI Kalsel Jl. Pangeran Hidayatullah, Benua Anyar, Kecamatan Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (10/11/2021).

OKK dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Balangan H Supiani, Kepala Diskominfo Balangan, Ketua PWI Kalsel dan Ketua PWI Balangan.

Ketua PWI Balangan, Sugianoor mengatakan, pelaksanaan OKK tersebut merupakan bagian dari program PWI Kabupaten Balangan, dalam hal proses rekrutmen penerimaan anggota baru PWI di Balangan.

"Tujuan kita sebelum menjadi PWI Balangan, wartawan yang bertugas sebagai jurnalistik mempunyai pembekalan bagaimana nantinya menjalankan profesi wartawan dan sebagai anggota PWI Balangan," ujarnya.

Selain itu, OKK tersebut juga merupakan pengenalan Kewartawanan dan keorganisasian khusus organisasi PWI, setelah melalui tahapan baik  administrasi serta UKW, kemudian keanggotaan PWI sendiri ada jenjang dari anggota muda, madya, dan utama.

Terpisah, Ketua PWI Kalimantan Selatan, Zainal Helmie menyampaikan, kegiatan tersebut salah satu syarat yang diminta PWI Pusat sebelum calon anggota PWI, mengikuti Uji Kopotensi Wartawan (UKW) maka harus dilaksanakan Orentasi Kewartawanan Keorganisasian (OKK).

"Ini penting, untuk memudahkan pada saat wartawan ikut UKW. Karena kegiatan OKK ada beberapa pedoman dan kode Etik wartawan yang dipelajari," sebutnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Balangan H Supiani mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan OKK, karena  Balangan belum pernah melakukan Orentasi Kewartawanan Keorganisasian (OKK).

"Kita menginginkan peserta OKK, benar-benar mengikuti kegiatan ini, dan nantinya kita berharap wartawan di Balangan bisa bekerjasama dengan pemerintah," pungkasnya.[agus/adv]
Lebih baru Lebih lama