Dewan Minta Pemda Tanggap atas Musibah Banjir di Wilayah Hulu Kapuas

Dewan Minta Pemda Tanggap atas Musibah Banjir di Wilayah Hulu Kapuas

KUALA KAPUAS, MK - Kalangan DPRD Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah, meminta agar pemerintah daerah setempat tanggap atas bencana banjir yang terjadi di 6 kecamatan wilayah hulu Kapuas.

Sebagaimana yang disampaikan, Ketua DPRD Kapuas bahwa pemerintah harus tanggap menyikapi banjir yang terjadi. Dengan memdistribusikan Bantuan Sosial (Bansos) dalam hal ini kebutuhan dasar, terutama keperluan makan, minum termasuk juga obat-obatan.

"Adanya musibah banjir tersebut, tentu aktivitas masyarakat terganggu.
Untuk itu harus diperhatikan oleh pemerintah daerah dalam membantu masyarakat terdampak banjir," kata Ardiansah, Rabu (17/11/2021).

Berdasarkan laporan Pusdalops-PB Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas, Selasa 17 Nopember 2022  menyebutkan 17 desa di 6 kecamatan wilayah hulu Kapuas terendam banjir.

Yakni di Kecamatan Mandau Telawang Desa Jakatan Mahasa, Kecamatan Kapuas Hulu genangan air terjadi di Desa Supang, kemudian di Kecamatan Pasak Telawang 7 desa terendam yakni, Desa Dandang, Jangkang, Kaburan, Hurung Kampin, Tumbang Tukun, Tumbang Nusa dan Desa Tumbang Diring. Di Kecamatan Kapuas Tengah 4 desa tergenang, Desa Pujon, Tapen, Marapit dan Desa Kota Baru. Kecamatan Mantangai, di Desa Lapetan, Tabore dan Desa Tumbang Mangkutup, sementara genangan air juga terjadi di Desa Tumbang Randang Kecamatan Timpah.

Ketinggian air bervariasi mulai 20 centi meter hingga 110 sentimeter.

Kerugian materil akibat musibah tersebut ribuan rumah dan fasilitas umum terendam, rinciannya 1.455 rumah, 30 sarana pendidikan, 7 sarana kesehatan, 29 unit rumah ibadah, 25 unit fasilitas umum serta 37 titik akses jalan terendam.

Korban terdampak akibat banjir, sebanyak 2.653 kepala keluarga dengan 8.082 jiwa.

"Sampai saat ini belum ada laporan korban jiwa, hilang, sakit dan mengungsi akibat banjir tersebut. Dan saat ini pihak kecamatan dan desa masih melakukan pendataaan," Kalaksa BPBD Kapuas.

Pihak BPBD terus melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan dan desa serta untuk pendataan di lokasi kejadian.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama