Cegah Stunting Tanggung Jawab Bersama

BUNTOK, MK - Stunting adalah kekurangan gizi kronis yang disebabkan oleh kekurangan asupan gizi, khususnya protein dan sumber energi dalam waktu lama ditambah dengan terganggunya metabolisme tubuh yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurangnya pendidikan pengasuh, penggunaan air yang tidak bersih, lingkungan yang tidak sehat, terbatasnya akses terhadap pangan dan kemiskinan.

Stunting terkait erat dengan gangguan perkembangan kognitif dan produktifitas, diantaranya pada usia dewasa, anak yang stunting seringkali mengalami keterbatasan fisik, mudah terserang penyakit menular dan tidak menular dan rendahnya kemampuan kognitif yang menyebabkan hilangnya kemampuan kerja.

Terkait itu, UPTD Puskesmas Bangkuang menggandeng Puskesmas Babai Kecamatan Karau Kuala, Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menggelar Gerakan Masyarakat Cegah Stunting dengan Isi Piringku.

Kegiatan itu masih dalam rangkaian Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 57 Tahun 2021 tersebut dilangsungkan di Aula Kantor Camat setempat, Kamis (25/11/2021).

Kegiatan itu juga diwarnai dengan penyerahan piagam penghargaan penilaian Posyandu di wilayah Kecamatan Karau Kuala.

Kepala Puskesmas Bangkuang, Charitya Thisonda mengungkapkan, betapa pentingnya seluruh lapisan masyarakat untuk memahami Isi Piringku tersebut guna mencegah stunting.

"Penyebab stunting tersebut kurang gizi pada ibu, kurang gizi pada anak. Maka dari itu perlunya gizi yang baik diberikan kepada anak-anak kita," ungkapnya.

Kemudian, Kepala Puskesmas Babai Ahmad Ismail menuturkan, dalam mengatasi semua itu perlu adanya dukungan semua sektor, tidak hanya berfokus pada petugas kesehatan saja. 

"Mencegah stunting ini merupakan sebuah tanggung jawab kita bersama," tandasnya.

Sementara itu, Camat Karau Kuala, Satriansyah SAP mengaku bahwa pihaknya berkomitmen dalam mencegah stunting di wilayah yang dipimpinnya tersebut.

"Kami bersama pihak terkait gencar menyosialisasikan pencegahan stunting ini demi tercapainya Karau Kuala kususnya, dan Barsel serta Kalteng pada umumnya bebas stunting," tukasnya.[kenedy]


loading...

Posting Komentar

0 Komentar