Asah Kemampuan Beladiri Polri, Polres Pulang Pisau Gelar Latihan Rutin

Asah Kemampuan Beladiri Polri, Polres Pulang Pisau Gelar Latihan Rutin

PULANG PISAU, MK - Bertempat di Lapangan Apel Mapolres Pulang Pisau, Polda Kalteng, Selasa (30/11/2021), kembali melaksanakan latihan rutin bela diri polri bagi personel polres setempat. 

Latihan yang dilaksanakan di Lapangan Apel Mapolres Pulang Pisau itu, dipercayakan kepada Ps Paur Subbagwatpers Bag SDM Aipda Genesis Roland, S. AP, M. AP sebagai instruktur pelatih. 

Kapolres Pulang Pisau AKBP Kurniawan Hartono melalui Kabag SDM AKP Agus Sumarna mengatakan, kegiatan beladiri Polri ini rutin dilaksanakan guna menjaga imunitas tubuh dan kebugaran jasmani para personel jajaran Polres Pulang Pisau, khususnya dalam bidang beladiri. 

"Latihan bela diri ini dilakukan secara rutin, yakni seminggu sekali dengan menyesuaikan situasi dan kondisi lapangan oleh pelatih, khusus yang telah ditunjuk dan memiliki Sertifikasi Pelatih Nasional, dan itu kita percayakan kepada Aipda Genesis Roland," kata Agus Sumarna kepada awak media ini, Selasa (30/11/2021). 

Diungkapkan perwira balok tiga dipundaknya itu, secara rutin personel Polres Pulang Pisau terus melatih dan mengasah kemampuan beladiri dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan individu, sebagai pendukung dalam pelaksanaan tugas.

Sebab, lanjut AKP Agus, kemampuan beladiri ditubuh polri sangat diperlukan dan bersifat penting. Karena di dalamnya mengandung unsur kedisiplinan dan kepercayaan diri yang dibangun kepada setiap anggota Polri ketika harus berhadapan dengan para pelaku tindak kejahatan yang dapat menggangu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

"Beladiri polri yang rutin kita laksanakan  ini perpaduan berbagai jenis beladiri seperti Karate, Judo, Jiu Jitsu dan aliran bela diri lainnya sesuai dengan kebutuhan anggota polri," terangnya. 

Lanjutnya, secara teknis latihan sendiri selain menggunakan tangan kosong, juga dibekali dengan tongkat, dan borgol. 

"Jadi, penguasaan gerakan beladiri tersebut menjadi hal yang diwajibkan bagi anggota Polri dimana pun posisinya ditugaskan," tegas AKP Agus. 

Ia menambahkan, selain rutin menggelar beladiri polri, ditengab Pandemi Covid-19 ini, pihaknya juga rutin melaksanakan senam AW S3, yakni Andri Wongso, Sehat, Semangat, Senang. 

"Kerena Polri sebagai garda terdepan dalam menjaga kamtibmas, jadi harus tetap sehat sehingga optimal dalam menjalankan tugas negara, apalagi di tengah Pandemi Covid-19 ini," pungkasnya.[manan]


Lebih baru Lebih lama