Tapal Batas, Selesai di Pusat Masih Sengketa di Daerah

Tapal Batas, Selesai di Pusat Masih Sengketa di Daerah

BUNTOK, MK - Masalah tapal batas di Kabupaten Barito Selatan (Barsel) dan Kabupaten Barito Timur (Bartim) di Kalimantan Tengah (Kalteng) bahwa sudah selesai di tingkat Pemerintah pusat. 

Sayang, di kalangan masyarakat justru masalah tapal batas ini masih belum selesai sampai sekarang.

Saat ini yang menjadi kendala di lapangan adalah potensi sumber daya alam yang berada di daerah tapal batas itu.

Ketua Komisi l DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Raden Sudarto SH menjelaskan,  permasalahan tapal batas antara Kelurahan Bangkuang, Kecamatan Karau Kuala, Kabupaten Barito Selatan (Barsel), dengan kabupaten tetangga yakni Kabupaten Barito Timur (Bartim), masih disengketakan oleh masyarakat setempat.

"Ini sesuai dengan informasi yang dilaporkan masyarakat, kepada kami bahwa sampai saat ini mereka masih bersengketa terkait tapal batas dengan Bartim," ungkap Raden, Rabu (27/10/2021).

Pihaknya telah mendapatkan informasi bahwa permasalahan tapal batas ini sudah selesai. Namun, di kalangan masyarakat masih belum selesai sampai sekarang," 

Menurut pria yang akrab disapa Haji Alex ini, apabila memang tapal batasnya sudah ditetapkan, secepatnya instansi terkait segera turun ke lapangan untuk menunjuk di mana saja tapal batasnya.

"Masih ada tarik ulur di sana, kita lihat masih ada tarik menarik, dan ini kondisi yang tidak baik untuk ke depannya," pungkasnya.[deni]

Lebih baru Lebih lama